Ini Dia Inovasi-Inovasi Pada Shell Campus Week di ITB

Kamis, 12/10/2017 10:18 WIB

mobilinanews (Bandung) - Di Tenda Utama yang terletak di Lapangan Cinta, Kampus Ganesha ITB, Bandung, 10-11 Oktober 2017.

Shell menampilkan berbagai informasi mengenai inovasi yang diterapkan pada produk-produknya, yaitu teknologi Dynaflex untuk produk bahan bakar dan teknologi Pure Plus untuk produk oli/pelumas. 

Teknologi PurePlus merupakan sebuah bentuk inovasi yang dapat menghasilkan produk pelumas dengan gas alam sebagai bahan bakunya. 

Teknologi Dynaflex merupakan sebuah formula yang mengandung tiga kali lebih banyak moleku baru yang dapat mengurangi gesekan serta molekul pembersih untuk membantu melindungi mesin kendaraan dan meningkatkan efisiensi bahan bakar dalam Shell V-Power.

ITB menampilkan beberapa inovasi hasil karya mahasiswa dan alumninya, yaitu Manajemen Energi di Bangunan, teknologi Smart Microgrid dan T-Files, sebuah perusahaan di bidang desain dan teknologi industri, dimana salah satu bidang usahanya adalah pembangkit listrik arus pasang surut laut.


Saltwater Car
Mobil miniatur Saltwater Car ini memiliki fuel cell (sel bahan bakar) yang mengandung pelat kecil magnesium, yang ketika terjadi kontak dengan air garam, akan membuat sebuah reaksi kimia yang menghasilkan tenaga listrik dan dapat mendorong jalannya mobil miniatur tersebut.

Sel bahan bakar hidrogen (hydrogen fuel cell) merupakan salah satu bentuk energi terbarukan yang mulai dikembangkan sebagai solusi menjawab tantangan energi masa depan.

Di Shell Campus Week, pengunjung diajak untuk merakit miniatur mobil bertenaga air garam dan mencoba jalannya mobil miniatur tersebut di sebuah trek balap mini. 

Shell Eco-marathon
Shell menyelenggarakan Shell Eco-marathon (SEM) di tiga kawasan yaitu Amerika, Eropa, dan Asia. Kompetisi ini bertujuan untuk menginspirasi inovasi para pelajar/mahasiswa untuk mengembangkan teknologi bagi masa depan, khususnya efisiensi penggunaan sumber-sumber energi dan kinerja moda transportasi.

Tim peserta SEM ditantang untuk mendesain, mengembangkan/merancang serta menguji kendaraan ciptaan mereka untuk menempuh jarak terjauh dengan menggunakan sumber energi paling hemat. 

Kendaraan-kendaraan hemat energi tersebut berkompetisi dalam dua kategori mobil yaitu Prototype (kendaraan futuristik dengan desain inovatif dan efisiensi sumber energi yang tinggi) dan UrbanConcept (kendaraan konvensional roda empat yang hemat sumber energi).

Mereka juga berkompetisi dalam berbagai kelas sumber energi, yaitu bensin (gasoline), solar (diesel), etanol (ethanol), Gas to Liquid (GTL), Compressed Natural Gas (CNG), hidrogen (hydrogen) dan baterai listrik (battery electric). 

Tim-tim Indonesia ikut berkompetisi dalam SEM Asia sejak tahun pertama penyelenggaraannya pada 2010 di Sepang International Circuit, Malaysia hingga SEM Asia 2017 di Singapura.

Selama 8 tahun penyelenggaraan SEM Asia, tim-tim Indonesia telah berhasil meraih berbagai prestasi pada kedua kategori mobil dan berbagai sub-kategori sumber energi, serta mentorehkan rekor-rekor capaian terhemat.

Pada Shell Eco-marathon Asia 2017 yang diselenggarakan di Singapura, 16-19 Maret 2017, tim-tim mahasiswa Indonesia dari berbagai universitas meraih juara ke-1, ke-2, ke-3, ke-4 dan ke-5 dalam kategori mobil UrbanConcept di kelas Internal Combustion Engine (mesin motor bakar). Tim Bumi Siliwangi dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung menjadi tim pertama yang meraih gelar juara pertama di kompetisi Shell Eco-marathon Drivers’ World Championship di London, Juni 2016.

Kompetisi ini merupakan sebuah adu cepat seluruh tim-tim pemenang di Shell Eco-marathon Asia, Eropa dan Amerika. Sebagai hadiah atas kemenangannya itu, tim Bumi Siliwangi berkunjung ke markas besar tim Scuderia Ferrari di Maranello, Italia.

Future Cities
Konsep Future Cities mengajak publik untuk memiliki kesadaran dan pemahaman tentang tantangan bagaimana membangun wilayah perkotaan yang berkelanjutan, yang dapat menangani permasalahan sumber daya seperti air bersih dan juga menyediakan energi yang lebih bersih untuk perumahan dan kendaraan.

Di Tenda Utama Shell Campus Week, terdapat pojok iPad yang akan mengajak pengunjung untuk mengikuti kuis yang dapat memperkirakan pilihan kota ideal untuk masing-masing individu. (budsan)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag