Test Ride: Motor Listrik Yamaha E-Vino Ada Tombol "Boost" Untuk Akselerasi

Jum'at, 03/11/2017 15:28 WIB

motorinanews (Jakarta) - Secara tampilah keseluruhan, motor listrik Yamaha yang diberi nama Yamaha E-Vino ini cukup keren secara desain merangsang mata yang melihat untuk menjajal performanya.

Tidak terkecuali redaksi motorinanews, usai diperkenalkan pada Rabu (1/11) kemarin kami langsung mencoba merasakan sensasi mengendarai motor listrik yang belum dipasarkan ini.

Tak beda jauh dengan versi motor listrik lainnya, Yamaha E-Vino cukup mudah dikendarai. Namun untuk menyalakannya, E-Vino sedikit lebih safety karena setelah kunci kontak di posisi on, pengendara harus menekan tombol mode hingga lampu indikator run menyala, barulah si motor bisa di gas.

Namanya juga motor listrik, tanpa suara dan akselerasinya tentu jauh dari harapan kalian yang suka ngebut.  Akan tetapi, hal yang patut diapresiasi adalah Yamaha mencoba memfasilitasi dengan mode power jika ingin menambah tenaga E-Vino.

Baca juga: Ini Alasan Yamaha Belum Mau Pasarkan Motor Listrik

Tak cukup disitu, jika ingin akselerasi yang lebih agresif pengendara masih punya opsi lain dengan menekan tombol boost yang terletak di setang sebelah kanan dan motor makin garang. Keren kan?

Sayangnya area test ride yang terbatas membuat kami tidak bisa mendapatkan top speed dari Yamaha E-Vino. Namun, Yamaha mengklaim motor listrik mungil ini bisa melajut dengan kecepatan mencapai 45-50 km/jam.

Ya, akselerasi E-Vino disebut memang jauh dari harapan konsumen, hal itu pula yang menjadi salah satu penyebab Yamaha belum melepas E-Vino ke pasaran.

"Secara kecepatan ini belum memuaskan bagi konsumen Indonesia. Karakter pengendara Indonesia ini suka berakselerasi dan kecepatan menjadi salah satu tuntutan selain hemat bahan bakar," kata Dyonisius Beti, Executive Vice President PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Sementara itu, dalam keadaan baterai full, Yamaha E-Vino bisa menempuh jarak sejauh 30 km. Satu lagi, perawatan baterai tetap harus diperhatikan dan alangkah lebih bagus tetap mengikuti panduan ya guys. (adr)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Disupport Daihatsu, Ajak Pelanggan Setia Berkumpul Dalam Semangat Persahabatan di Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap