Beralih dari Aki Kering ke Basah Ada Untungnya!

Jum'at, 17/11/2017 14:02 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Saat ini banyak terdapat pilihan aki yang beredar, namun tetap dengan dua pilihan aki kering atau aki basah. Penetapan pilihan aki bagi penggunannya tentu melihat kepada kebutuhan dan tidak sedikit yang mengukur dari faktor kepraktisan.

Memang salah satu keunggulan aki kering yang sering di gadang-gadang adalah tidak perlunya perawatan. Namun dari sisi lainnya, ada beberapa sumber yang merasa lebih nyaman menggunakan aki basah.

“Saya beberapa kali pakai aki kering, tapi akhirnya kembali pakai aki basah. Pertimbangannya lebih pada saat kondisi aki sudah tidak baik, langsung tanpa kompromi. Sekali pengalaman mobil mendadak mati dan ternyata aki sudah mati total,” ujar Sadewo kepada mobilinanews.

Ditambahkannya, alasan lain kenapa kembali beralih ke aki basah, agar selalu ada alasan untuk menilik kabin mesin. Ditekankan oleh Karsono dari gerai Fast memang plus minus untuk penggunaan aki basah.

“Pemilik mobil idealnya menilik air aki setidaknya sebulan sekali karena pasti akan terjadi penyusutan di bilik masing-masing sel aki. Namun penambahan air aki bisa lebih cepat dilakukan jika penggunaan mobil ekstra bekerja keras seperti rutin melakukan perjalanan ke luar kota,” ungkap Karsono.

Gejala aki yang berperforma tidak baik lebih mudah terdeteksi, seperti adanya delay starter atau starter terasa berat. Ditekankan oleh montir Fast yang bermarkas di bilangan Pancoran ini, jika ada gejala tersebut segera saja cek stik ‘hitam’ yang terdapat didalam aki. Jika sudah tidak menyentuh bagian ujung stik, maka air aki patut ditambahkan.

Perihal pilihan menggunakan aki kering ataupun basah, semua kembali kepada anda. Jika ingin lebih intens mengenal kondisi di balik kap mesin selain aki, ya better menggunakan aki basah karena menuntut anda rutin melakukan pengecekan.

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap