Hyundai Oto Komersial Indonesia Gandeng HMC, Bangun Pabrik di Karawang

Kamis, 14/12/2017 12:09 WIB

mobilinanews (Jakarta) - PT. Hyundai Oto Komersial Indonesia (HOKI) selaku agen pemegang merek truk dan bus Hyundai di Indonesia dan Hyundai Motor Company (HMC) sebagai prinsipal kendaraan merek Hyundai dari Korea Selatan pada 12 Desember 2017 lalu secara resmi bersatu.

Bentuknya adalah penandatanganan kesepakatan kerja sama dalam wadah perusahaan Joint Venture. Induk perusahaan PT.  HOKI yaitu PT. Artha Mobil Indonesia (AMI) yang diwakili Iki Wibowo sebagai presiden direktur melakukan penandatanganan kerja sama ini dengan Lee In Cheol, vice president HMC di Wisma KBRI Seoul, Korea Selatan.

Kesepakatan antara AMI dan HMC ini akan membuat langkah besar bisnis HMC di Indonesia untuk bidang kendaraan komersil yaitu Truk dan Bus.

Tidak hanya antar dua perusahaan, tetapi juga menyangkut pada keeratan kerja sama antar dua negara, yaitu Indonesia dan Korea Selatan.

Penandatanganan ini dihadiri Umar Hadi, Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan dan Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif sekaligus sebagai Penghubung Kerja Sama Investasi Korea Selatan-Indonesia.

AMI dan HMC sepakat untuk membangun perusahaan sekaligus pabrik perakitan Hyundai Truk dan Bus. Pabrik ini akan dibangun di kawasan Artha Industrial Hill (AIH), Karawang, Jawa Barat. Fasilitas yang akan dibangun adalah gedung perakitan, kontrol kualitas dan lintasan uji.

“AIH merupakan tempat yang sangat tepat karena sangat strategis dan memiliki fasilitas infrastruktur yang baik,” ujar Iki Wibowo.

Lebih lanjut menurutnya perusahaan serta pabrik perakitan Hyundai Truk dan Bus di tahap awal akan mampu melahirkan Truk XCIENT dan ALL New MIGHTY sebanyak 2.000 unit per tahun.

“Menjadi kebanggan bagi kita bangsa Indonesia untuk bisa bekerja sama dengan HMC yang merupakan industri otomotif terbesar ke-5 di dunia,” tambah Iki menyebut untuk tahap awal pabrik ini diperkirakan dapat menyerap sekitar 500 tenaga kerja. (anto)

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh