Waduh, Umbrella Girls Akan Hilang di F1

Jum'at, 15/12/2017 18:31 WIB

mobilinanews (AS) - Dua petinggi Liberty Media yang menggelar F1, CEO Chase Carey dan Managing Director Ross Brawn, tak hanya pusing mikir pengembangan balap F1. Tapi, juga pusing soal perempuan di sekitarnya.

Pasalnya, para aktivis wanita makin gencar saja memprotes keberadaan grid ataupun umbrella girls di kancah F1. Menurut mereka itu pelecehan terhadap perempuan karena aspek fisik dan tampilan semata yang banyak dieksploitasi. Peran mereka hanya jadi 'patung' pendamping pembalap dan foto-foto seksi mereka lebih menarik buat media.

Protes itu membuat Liberty berpikir untuk menghapus keberadaan cewek-cewek seksi itu dan mencari jalan tengah di masa depan.

Beberapa tim sudah mengubah cara berpromosinya dengan cara tak lagi mengumbar aurat wanita guna mengindari debat sosial yang semakin ramai di medsos. 

"Banyak yang suka atmosfer dan cara promosi seperti selama ini, tapi ada juga yang keberatan. Kami harus pertimbangkan banyak aspek untuk menghapus atau meneruskan tradisi itu. Ini bukan keputusan saya seorang. Itu tradisi dari masa lalu yang perlu ditinjau untuk masa depan," kata Carey.

Brawn menyebut soal gender di F1 adalah topik halus namun perlu pemikiran keras. "Kami akan coba merangkum semua masukan untuk ambil keputusan," katanya.

Christian Horner, team principal Red Bull Racing, menyebut keberadaan umbrella girls membuat glamour F1 karena wanita memang punya power tersendiri dalam aspek promosi.

Tapi, katanya, memang sulit menemukan satu hal yang benar buat semua orang di era sangat terbuka saat ini.

"Harus terbuka terhadap semua hal. Itu tak mudah. Kami pernah gunakan grid boy, tapi juga dikritik. Di Austria kami libatkan anak-anak, juga dikritik."

Bbc.com bahkan sempat membuat poling soal perlu tidaknya umbrella girls. Respons pembacanya beragam, pro dan kontra dari berbagai sudut pandang.

Yang punya anak perempuan umumnya pro, sementara yang pria...ya tahu sendirilah hehehe! (andro)

TERKINI
Motor Benelli Leoncino 250 Dijual Nyaris Seharga Motor 155 Cc, Harga Mulai Rp30 Jutaan! AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil! Volta Ikut Hadir Meriahkan PEVS 2024 Dengan Luncurkan Warna Baru Tipe Mandala, Brilliant White dan Yellow! ALVA Umumkan Kerjasama dengan Bank BPD Bali, Permudah Elektrifikasi di Linkungan ASN Pulau Dewata