Mengenang Kenichi Yamamoto, Penggagas Mesin Rotary Mazda

Jum'at, 29/12/2017 17:30 WIB

mobilinanews (Jepang) - Penggagas mesin rotary milik Mazda, Kenichi Yamamoto meninggal dunia di usianya yang menginjak 95 tahun. Yamamoto tutup usia pada tanggal 20 Desember kemarin.

Pria lulusan University of Tokyo jurusan Mechanical Engineering ini adalah orang yang paling berperan dalam mengembangkan mesin rotary Mazda sejak tahun 1960 an hingga sekarang. 

Meski Kenichi bukanlah penemu mesin rotary, akan tetapi sejak Mazda bekerja sama dengan NSU perusahaan asal Jerman, Yamamoto menjadi head project mesin rotary Mazda yang kala itu merampungkan prototipe Mazda Cosmo. 

Setelah Cosmo 110S, mobil-mobil bermesin rotary milik Mazda kembali bermunculan seperti Mazda RX-2, RX-3, RX-4, RX-5, RX-7 hingga terakhir adalah Mazda RX-8. Berkat sentuhan Yamamoto, Mazda menjadi brand Jepang yang paling sempurna dalam pengembangan mesin rotary. 

Di tahun 1970-an Yamamoto menjabat sebagai Chief Research and Development dan bertanggung jawab menghadirkan MX-5 Miata. Peran penting lainnya adalah Yamamoto juga menginvestasikan banyak uang untuk proyek-proyek motorsport, mengembangkan mobil balap Mazda 787B yang langsung meraih kemenangan di balap Le Mans pada tahun 1991.

Pada akhirnya pria inilah yang menanamkan karakter Mazda sekaligus membuka pintu gerbang menuju generasi penerus SkyActiv-X dan SkyActiv-R milik Mazda. Selamat jalan, Yamamoto San, karyamu akan selalu dikenang. (adri)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag