Test Drive All New Rush: Manual Atau Matic Sama-Sama Asik, Tergantung Selera

Jum'at, 12/01/2018 15:13 WIB

mobilinanews (Surabaya) - Diluncurkan pada tanggal 23 November 2017 silam, pemesanan dan distribusi All New Toyota Rush sudah dimulai terhitung Januari 2018. PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku distributor resmi mobil Toyota di Indonesia mengajak puluhan jurnalis otomotif nasional untuk menjajal performa All New Rush dengan rute Malang - Surabaya pada Selasa (9/1) dan Rabu (10/1). 

Test drive kali mengusung tema Discover Your Freedom dimana pihak TAM memfasilitasi para jurnalis untuk mendapatkan pengalaman secara menyeluruh mulai dari menjajal performa, merasakan fitur-fitur baru, menikmati perjalanan, hingga melakukan perbandingan varian transmisi otomatis dan manual. 

Redaksi mobilinanews yang juga terlibat dalam kegiatan ini tentunya tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk mengeksplorasi mobil SUV rasa MPV yang satu ini. All New Rush diluncurkan hanya dalam dua varian antara lain tipe G dan tipe tertinggi TRD. Pada kesempatan ini tim redaksi akan mereview tipe TRD.

Untuk soal kabin, tak perlu dibahas banyak, sudah pasti All New Rush jauh lebih nyaman dan lebih lapang. Mobil ini pantas jadi pilihan untuk kalian yang dinamis, suka bepergian dengan banyak barang, dengan banyak teman dan keluarga sekalipun.

Interior didesain untuk 7 penumpang dengan tiga baris bangku dengan dimensi yang jauh lebih luas. Jarak antara dashboard dengan bangku ke tiga kini mencapai 2.525 mm.  

Ini memberi ruang yang luas dalam menseting posisi bangku, dimana jarak antara bangku depan dengan baris kedua menjadi 925 mm atau lebih longgar 45 mm dibandingkan model sebelumnya. 

Jarak bangku baris ke dua dengan bangku baris ke tiga 700 mm, sehingga penumpang baris ketiga juga lebih nyaman dibandingkan model sebelumnya. Itupun masih menyisakan ruang yang luas untuk tempat bagasi. Panjang bagasi All New Rush mencapai 450 mm atau lebih panjang 150 mm dibandingkan model sebelumnya.

Baca juga: Tak Ada di Versi Lawas, Fitur Ini Hanya Dimiliki All New Rush

Fitur entertainment, All New Rush tipe TRD Sportivo dilengkapi DVD AVX 7" with Internet, USB, Bluetooth, Ipod/Iphone Connect, Physical Remote, Miracast, Weblink, Support Multitasking dan Smart Phone Remote App. Sedangkan untuk tipe G, fitur entertaintment-nya dilengkapi DVD AVX 7", USB, Bluetooth, Ipod/Iphone Connect, Physical Remote, HDMI, dan Miracast. Kemewahan ini didukung surround audio system dengan 8 speaker untuk tipe TRD Sportivo dan 6 speaker untuk tipe G. 

Semua varian All New Rush dilengkapi LED headlamp, integrated LED rear combination lamp, tombol start-stop mesin, AC double blower, head unit 7 inci, kamera parkir mundur, grille chrome hitam, pengaturan naik-turun kemudi, 6 kantong udara, Vehicle Stability Control (VSC), indikator pengingat 7 sabuk pengaman, Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Hill Start Assist (HSA), dan Emergency Stop Signal (ESS). Demikian garis besar fitur dan keunggulan All New Rush, komplit dan mewah. Nah, saatnya kita fokus pada sensasi berkendara yuk.

Di hari pertama Selasa (9/1) redaksi mobilinanews lebih dulu kebagian transmisi otomatis. Perjalanan dimulai dari Malang menuju kawasan wisata Batu dengan rute menanjak dan lalu lintas sedikit yang lumayan padat. Kondisi ini tentunya sangat tepat untuk menjajal seberapa nyaman mesin 2NR VE 4 silinder Dual VVT-i yang disematkan di All New Rush. 

Mesin dengan kapasitas 1.500 cc dengan penggerak rodal belakang ini sebenarnya sama dengan yang digunakan di Toyota Avanza dan Veloz 1.5. Akan tetapi dengan dimensi dan bobot All New Rush yang lebih besar, nyatanya tak ada peningkatan spek mesin sehingga dalam kondisi menanjak bunyi mesin terasa sedikit berat khususnya dari putaran rendah ke putaran tinggi. Namun untuk di perkotaan sepertinya tak ada masalah, All New Rush sangat nyaman. 

Gandhi Ahimsa Putra, Product Knowledge PT Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan tenaga dan torsi All New Rush sama persis dengan Avanza. "Cuma untuk model matic ada lock up function di gigi 3 dan 4. Ratio gear masih sama dengan Rush yang lama cuma untuk manual beda untuk gigi 1 dan gigi 5. Gigi 1 lebih lower dan gigi 5 lebih higher. Contoh gigi 5 kecepatan 100 km/jam rpm 3500 versi lama, untuk Rush yang baru lebih rendah bisa di 2500. Putaran mesin lebih ringan di kecepatan 100 km/jam," jelas Gandhi. 

Ia menambahkan All New Rush memang lebih mengedepankan efisiensi, karena soal power tenaga dari mesin sekarang dinilai sudah lebih dari cukup. Dari data yang ada All New Rush bisa lebih irit 20 persen dibandungkan Rush sebelumnya.

Sementara itu, saat gantian mencoba transmisi manual, rute yang dijalani lebih seru karena melewati tol Pandaan-Surabaya. Yang pasti catatan yang ada di transmisi matic bisa dikoreksi pada saat mengendarai mobil manual. Ya, karena kebutuhan dari kecepatan rendah ke akselerasi yang lebih cepat bisa diatur sendiri oleh pengemudi. 

Selama perjalanan di tol, stabilitas mobil All New Rush patut diacungi jempol. Hal ini tak lepas dari sasis yang diperkuat namun dengan bahan yang ringan. Hal ini berpengaruh pada handling yang begitu nyaman. 

Kesimpulannya, untuk perjalanan luar kota, mau pakai matic ataupun manual sama-sama menyenangkan. Tapi, jika anda berkendara di Jakarta sepertinya pilihan matic lebih tepat. (adri)

 

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap