Ini Regulasi Teknik Terbaru di Speed Rally 2018

Jum'at, 12/01/2018 18:05 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Rifat  menekankan bahwa bagi para peserta yang berkomitmen ingin menjadi juara nasional harus mengikuti sedikitnya 4 seri Kejurnas Sprint Rally 2018. Namun setelah 4 seri mereka tetap berhak mengakumulasi poin di semua putaran yang mereka ikuti.

 Sementara di Speed Rally tidak ada jumlah minimal putaran yang harus mereka ikuti.

 Sementara itu, selain kelas sedan 4WD (M), sedan berpenggerak roda (F) dan sedan berpenggerak roda belakang(R), Kejurnas Sprint Rally 2018 yang juga akan memperlombakan kelas Jip untuk bisa memperebutkan juara nasional. 

Untuk menampung aspirasi maka kelas Jip akan dibagi menjadi dua, yaitu J1 (0 – 1600 cc) dan J2s (1601 – 5000 cc).Kelas J2 juga sudah termasuk kelas untuk kendaraan berjenis UTV.

 “Di tahun ini, kami memberikan perhatian pada kelas Jip di ajang Kejurnas Sprint Rally,s karena IMI menilai bahwa kelas Jip banyak peminatnya. Kendaraan ini tersebar di berbagai daerah di Indonesia jadi selain dapat dipakai oleh driver-drivernasional kelas ini akan sangat baik untuk awal hero-hero lokal memulai debutnya di ajang rally," terang Rifat, Direktur Rally dan Sprint Rally IMI Pusat.

 Perubahan teknis di beberapa kelas seperti update kelas M1 dan M2dengan gearbox bebas dan restrictor turbo yang lebih besar serta kelas F1 yang berubah kapasitasnya mencapai maximal 1400cc dapat dilihat pada websiteresmi IMI pada minggu ketiga Januari.

 Berikut adalah beberapa update perubahan bagi kelas M1 yaitu mobil - mobil yang masih memiliki homologasi internasional FIA ( N4, RRC, S2000, R4,R5,WRC) maupun Homologasi FIA Regional (AP4).

 Dan mobil-mobil diluar spek berhomologasi FIA dengan detail sebagai berikut:

·         Mobil Sedan dengan penggerak 4 roda (4WD)

·         Menggunakan active center differential (ACD/DCCD)

·         Tahun pembuatan 1999-sekarang

·         Standard safety FIA

·         Kapasitas mesin maksimal 2500cc dengan ketentuan :

·         Mesin asli bawaan mobil

·         Mesin 2000cc restrictor turbo 35mm

·         Mesin 2500cc restrictor turbo 33mm

·         Engine swap tidak diperbolehkan

·         Turbo bebas

·         Stroker kit tidak diperbolehkan namun penggantian diameter Piston maximum over size 100 dari ukuran standard mesin dan bahan bebas

·         Ukuran conrod standard, bahan bebas

·         Injector bebas

·         Valve dan valve spring standard

·         Camshaft standard

·         Head boleh porting polish

·         Air intake boleh dimodifikasi

·         Intercooler standard

·         Gearbox bebas, sequential diperbolehkan

·         Body kit bebas

·         Kap mesin bagasi boleh di ganti bahan yang lebih ringan

·         Interior bebas

·         Kaca samping dan belakang boleh polycarbonat

·         Rem Pedal box bebas (non homologasi)

·         Lsd non homologate diperbolehkan

·         Fly wheel dan kopling bebas

·         Blow off valve bebas

·         Penggantian Sub frame depan dan belakang, Lower arm depan dan belakang, Rear Differential Support, Upper Arm belakang, Trailing Arm Belakang dilarang kecuali yang sesuai dengan Homologasi FIA.

Sementara untuk regulasi kelas M2 kurang lebih sama dengan M1, namun kelas M2 untuk mobil sedan yang tidak menggunakan active center differential atau mobil yang tahun produksinya lebih tua dari M1. 

Mobil di kelas M2 bebas melakukanengine swap dan untuk mobil turborestrictor-nya adalah 36 mm. Sedangkan untuk mobil non turbo maksimal menggunakan 6 silinder dengan kapasitas 4000 cc.

Selain itu, di luar Juara nasional driver dan co-driver akan ada penghargaan “the best co-driver”mulai 2018 yaitu untuk untuk co-driver dari semua grup yang memiliki perolehan poin tertinggi selama tahun yang berjalan.

 “Kami senang sekali dengan kesuksesan gelaran rally di tahun 2017 dan saya ucapkan terima kasih bagi semua peserta yang telah berpartisipasi tahun lalu. Komisi rally akan selalu berusaha mengevaluasi peraturan terbaru untuk menampung aspirasi para peserta demi kemajuan Rally Indonesia,” tutur Rifat. (budsan)

TERKINI
Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions di Shanghai, China Suzuki Address 125 2024: Merangkai Unsur Khas Motor Matic Klasik dan Modern dengan Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok