GP2 Catalunya : Rio Haryanto Diprediksi Bisa Podium Lagi

Jum'at, 08/05/2015 19:36 WIB

mobilinanews.com (Jakarta) - Pebalap Rio Haryanto bersiap mengikuti seri kedua GP2 di sirkuit Catalunya, Spanyol, 8-10 Mei 2015. Rio yang naik podium di sirkuit Shakir, Bahrain, lalu kini memiliki peluang untuk kembali mengulang keberhasilannya itu.
Pebalap asal Solo, Jawa Tengah itu, akan menjalani Feature Race pada Sabtu (9/5) dengan 37 putaran (172,109 km) dengan

batas waktu 60 menit dan satu pit stop wajib. Sementara Sprint Race akan dilangsungkan Minggu (10/5) dengan menempuh 26 lap (120,904 km) atau maksimum waktu 45 menit.

"Sirkuit di Catalunya memiliki semua jenis tikungan yang cocok menjadi barometer performa mobil dan merupakan tempat populer untuk uji coba F1. Karakter trek yang mengikuti kontur perbukitan menghasilkan sejumlah tanjakan dan turunan. Sekitar 60% bagian sirkuit dapat dilahap dengan full throttle," kata Rio.

Sederet pebalap F1 saat ini seperti Gianmaria Bruni, Bruno Senna, Timo Glock, Kamui Kobayashi, Romain Grosjean, Charles Pic, Giedo van der Garde, dan Felipe Nasr merupakan alumini GP2, dan khususnya pernah memenangi di sirkuit sepanjang 4,655 km itu.

Balapan kali ini akan menjadi laga kandang bagi tim Campos Racing, tempat Rio bernaung. Manajemen ban akan kembali menjadi faktor penentu strategi. Bagian yang paling krusial adalah tikungan nomor 3 ke kanan, di mana mobil dipacu dengan akselerasi konstan.

Hal tersebut membuat ban kiri depan sangat tertekan, khususnya di atas permukaan aspal yang kasar. Untuk event akhir pekan ini, tersedia ban berkompon hard dan soft yang memiliki perbedaan performa yang mencolok.

Tahun lalu, dengan setelan mobil yang dibangun ulang setelah mengevaluasi seri sebelumnya, Rio menempati urutan ke-8 pada sesi latihan bebas dan urutan ke-11 pada sesi kualifikasi yang ketat.

Rio memulai feature race dengan baik dan  finish ke-5 setelah balapan diwarnai periode safety car. Sayangnya, pada sprint race Rio bersenggolan dengan pebalap lain saat berada di urutan ke-3. Karena itu berharap podium di Catalunya, hal yang cukup realistis bagi Rio.

Kita tunggu saja.

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap