Speed Offroad Serang : Chemical Ramah Lingkungan Khusus Trek Offroad

Sabtu, 09/05/2015 15:14 WIB

Mobilinanews.com, (Serang) – Gelaran Indonesia Xtreme Offroad Racing Nasional Championship (IX-ORNC) 2015 seri kedua yang berlangsung di Sirkuit Offroad Tembong Jaya, Serang, Banten Jawa Barat (9-10 Mei 2015) diikuti tidak kurang dari 200 peserta.

Keberhasilan banyaknya animo peserta, tidak lepas dari upaya Organizer Committee (OC) yang memberikan standar khusus untuk optimalisasi sarana dan akomodasi para pesertanya.

“Kami ingin menata ajang offroad menjadi lebih baik. OC yang bekerjasama dengan Racing Committee (RC) Genta Motorsport menentukan venue haruslah dekat dengan bandara, memiliki luas minimal 20 hektar serta memiliki akses jalan yang mudah dicapai baik oleh peserta maupun penonton,” ujar Eri Rinjani sebagai ketua OC IXORNC 2015 pada mobilinanews.

eri

Eri Rinjani yang telah 15 tahun malang melintang di dunia offroad Indonesia, melihat banyak hal yang harus ditata lebih baik dan lebih professional. Unsur safety baik bagi peserta dan penonton pun juga telah dipikirkan secara matang.

“Ajang offroad menjadi atraksi yang menarik, makanya tribun penonton diperlukan. Selain itu akses keluar masuk peserta dari paddock juga lebih mudah. Untuk para jurnalis yang dating meliput, kami juga sediakan lintasan di sekeliling trek,” imbuhnya.

Ditambahkan oleh Eri, salah satu bentuk persiapan lain, adalah menggunakan chemical khusus yang berfungsi menjaga kepekatan tanah serta dapat mengikat debu. Dengan penggunaan yang ramah lingkungan ini, penonton atau jurnalis tidak lagi perlu khawatir dengan debu.

Sedangkan bagi offroader yang berlaga, penggunaan zat kimia ini dapat membantu peserta untuk tetap optimal membejak gas, sekalipun trek basah oleh hujan.

“Chemical nya saja, panitia keluarkan anggaran hingga Rp 300 juta untuk trek sepanjang 4,1 km,” pungkas Eri yang dimasa mendatang ingin tetap focus menjalani bisnis barunya sebagai Organizer offroad, meskipun terkadang tetap gatal saat melihat kawan-kawan seperjuangannya bejek gas di trek,” tutup Eri.

TERKINI
Ribuan Peserta Balap Antusias Ramaikan HIDRONE2 HOGERS Indonesia F1 2024: Adrian Newey Sudah "Nyangkut" di Ferrari, Begini Komentar Lewis Hamilton dan Petinggi Red Bull Racing BFGoodrich dan Rawtyperiot Luncurkan Kolaborasi High-Performance Fashion F1 2024 Emilia Romagna: Menuju Sesi Kualifikasi, Charles Leclerc lebih Khwatirkan Angin Daripada Verstappen