Dengan Hanya Melihat Busi, Kerusakan Mesin Bisa Diprediksi

Senin, 22/01/2018 13:22 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Sebagai pengguna mobil, adalah sebuah keharusan memahami pentingnya merawat mesin kendaraan serta mengenal upaya pencegahan efektif agar terhindar dari kerusakan pada mesin.  

Mungkin banyak yang tidak tahu, tapi faktanya dengan hanya melihat busi, kita mampu memprediksi kerusakan-kerusakan yang akan terjadi di kemudian hari. Untuk mengedukasi pengendara mobil, PT NGK Busi Indonesia memberikan edukasi kepada pengguna kendaraan roda 4 khususnya komunitas-komunitas Toyota – Daihatsu yang ada di sekitar Jabodetabek. 

Sedikitnya 23 komunitas yang hadir untuk mengikuti coaching clinic yang diadakan tim NGK pada hari sabtu (20/1) kemarin. "Kegiatan ini berisikan pelatihan mengenai cara mengganti busi yang baik dan benar beserta cara melihat kerusakan busi dan mengetahui tingkat kerusakan yang akan timbul pada mesin. Para peserta dibekali tips dan trik seputar kerusakan busi pada sesi materi sedangkan pada sesi praktek peserta diwajibkan mampu mengganti busi mobilnya sendiri. Antusias dari para peserta terlihat dari banyaknya tanya jawab pada saat sesi materi," demikian keterangan resmi dari PT NGK Busi Indonesia.

Beberapa pertanyaan yang muncul seperti perbedaan performance antara busi standar dengan busi iridium, salah satunya. Selain itu sharing informasi dan pengalaman menjadi pengalaman baru dalam diskusi lintas komunitas seperti yang dilakukan dari perwakilan Club Ayla Indonesia. 

Pada saat sesi praktek dilakukan, peserta yang terdiri dari laki-laki dan perempuan ini juga sangat ingin sekali mencoba melakukan penggantian busi sendiri di mobilnya masing-masing. 

Hal itu terlihat dengan hadirnya komunitas dari Ladies Car Community Indonesia, walaupun pada akhirnya harus dipandu oleh mekanik NGK yang siap sedia dalam membantu peserta pada proses ganti busi.  

PT NGK Busi Indonesia berkomitmen untuk terus melakukan edukasi mengenai pentingnya mengganti busi secara reguler dengan didukung kegiatan-kegiatan semacam ini dengan harapan bahwa pengguna mobil bisa mendeteksi kerusakan mesin hanya dengan melihat wujud busi yang dipasang di kendaraan masing-masing. (adri)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag