FIA Akan Berlakukan Pembatasan Berat Badan Pembalap F1

Senin, 22/01/2018 14:08 WIB

mobilinanews - Otoritas motorsport dunia FIA tengah menyusun aturan baru soal batas berat badan pembalap Formula 1. Aturan ini kemungkinan baru akan diterapkan untuk musim 2019 mendatang.

Adapun minimun batas berat badan pembalap yang diwacanakan adalah seberat 80 kg. Sementara berat total keseluruhan mobil dan pembalap adalah seberat 740 kg meningkat dari lalu dimana berat total keseluruhan pembalap dan mobil adalah 728 kg.

Aturan ini merupakan hasil dari pertemuan F1 Strategy Group dengan Technical Working Group serta FIA beberapa waktu lalu.

F1 Strategy Group menjelaskan 80 kg adalah batas maksimum realistis untuk pembalap F1 modern, namun siapa pun yang memiliki bobot lebih masih bisa balapan tapi akan mendapatkan kerugian.

Selain perihal kesehatan dan fisik pembalap, pembatasan ini juga akan memudahkan engineer karena mereka tahu bahwa mereka harus menargetkan 660 kg untuk bobot mobil 2019.

Kepala Teknik Williams, Paddy Lowe mengatakan dirinya setuju dengan wacana ini. "Jika anda kembali bertahun-tahun yang lalu, bobot pengemudi sama sekali tidak termasuk dalam bobot mobil, dan di pertengahan 90-an dimasukkan ke berat total," ujarnya.

"Tapi seperti yang dirasakan beberapa pembalap seputar pengelolaan berat badan mereka, terkadang itu berpengaruh sangat besar secara pribadi," papar Lowe. (adri)

TERKINI
Mazda CX-60: Tawarkan Eksklusivitas dan Kinerja yang Mumpuni di Pasar Indonesia BYD Resmi Meluncurkan Sea Lion 07: SUV Pesaing Tesla Model Y PEVS 2024 : Motor Listrik Gesits untuk Semua, Cicilan Ringan dan Nggak Pake Uang Muka PEVS 2024: Keeway EV Hadirkan 5 Model Terbaru dengan Subsidi Besar, Awas Jangan Sampai Lolos