Toyota Recall Corolla Altis, Lexus NX dan RX, Ini Penyebabnya

Minggu, 04/02/2018 14:02 WIB

mobilinanews (Kuala Lumpur) - Belum lama Honda Indonesia melakukan recall pada sejumlah modelnya, UMW Toyota Motor (UMWT) Malaysia baru saja mengumumkan penarikan kembali sensor airbag yang berpotensi rusak pada unit-unit terpilihnya, yaitu Toyota Corolla Altis serta Lexus NX dan RX. 

Recallini merupakan bagian dari program yang sama dilakukan oleh Toyota Motor Corporation (TMC) pada 31 Januari lalu. 

Berdasarkan informasi dari TMC, recall ini melibatkan 2.800 unit Corolla Altis dan sekitar 500 unit NX dan RX yang diproduksi mulai Juni 2015 sampai Januari 2016, yang didistribusikan oleh UMWT dan Lexus Malaysia.

Secara rinci, hal ini terjadi berkaitan dengan masalah manufaktur dimana ada kemungkinan isolasi yang digunakan untuk chip sirkuit terpadu (IC) dapat mengelupas dalam jangka waktu tertentu. Sehingga dapat menciptakan rangkaian terbuka pada chip IC tersebut.

Efeknya lampu peringatan airbag kerap menyala dan kantong udara samping dan atau kantung udara depan berpotensi non aktif sehingga tidak dapat digunakan saat dibutuhkan. Hal ini meningkatkan risiko cedera pada penumpang jika terjadi kecelakaan. 

UMWT akan memberitahu pemilik kendaraan yang tipenya masuk dalam ketentuan recall dan menyarankan untuk membawa mobil mereka ke pusat layanan resmi Toyota atau Lexus untuk penggantian yang diperlukan.

Prosesnya memakan waktu sekitar 30 menit sampai empat jam, tergantung modelnya tanpa dikenakan biaya.

Bagaimana dengan Toyota Corolla Altis, Lexus NX dan RX di Indonesia? Sampai informasi ini dimuat belum ada penjelasan resmi terkait recall ini. (anto)

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda