Mitsubishi Xpander Disiksa Bermanuver Ekstrim, Begini Hasilnya

Kamis, 08/02/2018 03:48 WIB

mobilinanews (Cikarang) - Di sela kunjungan ke pabrik baru PT. Mitsubishi Motor Krama Yudha Indonesia di Kawasan Industri GIIAC Deltamas, Cikarang Pusat, Jawa Barat pada Rabu (7/2), Mobilinanews berkesempatan menguji Xpander di trek buatan khusus. 

"Kami mengajak rekan-rekan media untuk merasakan langsung performa dari fitur-fitur terbaru yang dimiliki Xpander, salah satunya kinerja rem ABS dan suspensinya," jelas Rifat Sungkar yang mengerahkan tim dari Rifat Drive Labs untuk mendampingi selama sesi pengetesan dan membuat lay-out trek khusus ini.

Mitsubishi Xpander Ultimate A/T yang kami coba langsung melahap trek lurus yang diakhiri area pengereman berkondisi basah. 

Setelah memacu dalam kecepatan tinggi, seketika pedal rem diinjak dalam-dalam jelang ujung lintasan. Hasilnya, kinerja rem ABS terbilang sangat mengesankan. Gigitan kaliper rem begitu terasa menghambat laju mobil.

Setelahnya, giliran kinerja suspensi yang diuji melewati trek 'speed bump' yang dipasang berselang kiri-kanannya. Keempat titik suspensi yang bergantian naik turun tidak terasa keras bantingannya. Jarak main suspensi cukup aman.

Selanjutnya trek zig-zag melintasi enam kun berjarak ketat. Lagi-lagi kinerja suspensi menunjukkan kehebatannya mengendalikan guncangan bodi yang bergerak kiri-kanan dalam kecepatan tinggi.

Terakhir, lintasan 'eight circle' yang dilahap dengan manuver ekstrim selama dua kali putaran. Hasilnya minim sekali gejala body-roll dan bodi limbung khas MPV.

Padahal Xpander punya ground clearence yang sedikit lebih tinggi dibanding MPV biasa. Secara keseluruhan, Xpander kami nilai punya performa mengesankan dalam hal handling, kinerja suspensi dan pengereman.

Mantap! (anto)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag