Memahami Wiper dan Cara Merawatnya, Layak Diketahui

Kamis, 15/03/2018 16:07 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Bilah atau wiper mobil adalah salah satu hal yang sangat penting untuk sebuah kendaraan.

 Karena wiper sangat berguna untuk menghilangkan air jatuh di kaca depan maupun kaca belakang mobil anda.

Jika air tersebut tidak dihilangkan akan berakibat fatal untuk diri pengemudi maupun pengguna jalan lain. 

Karena dapat menghalangi pandangan saat y berkendara. Oleh karena itu mari kita jaga dan lakukan perawatan dari wiper sendiri.

Bahan dasar wiper adalah karet. Karena karet adalah salah satu bahan yang dapat menyapu air di kaca tanpa merusak kaca atau membuat goresan pada kaca tersebut. 

Namun jangan salah kalau karet tersebut terkena sinar matahari akan membuat karet itu keras dan dapat menyebabkan kaca kendaraan rusak atau tergores.

Ciri-ciri karet wiper yang sudah mati adalah ketika di gunakan wiper tersebut tidak membersihkan kaca seperti ketika karet tersebut masih bagus (menyisakan air di kaca) atau kalau sudah parah kerusakan wiper tersebut adalah ketika bergerak membersihkan air akan mengeluarkan suara bunyi yang menganggu ketika berkendara.

Tips merawat wiper bisa dibilang mudah bisa juga dibilang susah, karena kita harus rutin memeriksa selama 6 bulan agar mengetahui karet wiper tersebut masih layak digunakan atau tidak layak lagi. 

Kalau wiper tersebut masih layak digunakan  dapat dibersihkan menggunakan kanebo dan air sabun, karena dapat membuat karet tersebut tetap elastis dan membersihkan kaca mobil tetap bersih dari air hujan.

 Namun kalau ketika di pegang karet tersebut sudah keras maka lebih baik segera di ganti agar tidak menganggu keselamatan, kenyamanan, dan keamanan ketika berkendara.

Jangan sepelekan wiper tersebut karena dengan menyepelekan hal kecil dapat membahayakan diri anda dan pengguna jalan lainnya. (Adri Oktobarianto)

TERKINI
Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions di Shanghai, China Suzuki Address 125 2024: Merangkai Unsur Khas Motor Matic Klasik dan Modern dengan Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok