MotoGP 2018 Qatar: 10 Pembalap Berebut Podium, Ban Jadi Penentu

Minggu, 18/03/2018 14:27 WIB

mobilinanews (Losail) - Faktanya Johann Zarco (Yamaha Tech3) start dari pole position GP Qatar, Minggu (18/3) malam nanti. Tapi, sama sekali tak menjaminnya meraih gelar juara seri untuk.kali pertama di kelas primer. 

Juga fakta Marc Marquez (Honda) dan Danilo Petrucci (Pramac Ducati)  juga start dari front row. Tapi, keduanya juga tak berani pasang target podium.

Andrea Dovizioso (Ducati) dan Valentino Rossi) juga tak bisa diabaikan meski start dari grid 5 dan 8. Bahkan Cal Crutchlow di urutan 4 dan Jorge Lorenzo di urutan 9 pun masih layak punya harapan berebut podium.

"Ada 10-12 rider yang punya kecepatan berimbang. Semuanya berpotensi ke podium. Sulit membayangkan situasi balapan nantinya. Penentuan di paroh lomba, saat kinerja ban sudah ketahuan," kata Rossi.

Hal sama disebut Marquez yang terang-terangan tak berani pasang target juara. Selain karena riding sryle dan RC213V-nya kurang cocok dengan karakter Losail, juga dipengaruhi oleh meratanya kekuatan saat ini, baik pabrikan maupun satelit.

"Saya kira sangat penting konsistensi kecepatan dan memenej lap per lap," katanya.

Kalaupun harus diklasifikasi, favorit juara justru tetap di tangan Dovizioso meski start dari row 2. Parameternya adalah konsistensi sepanjang latihan, terutama posisi tercepatnya di FP4, sesi di mana rata-rata pembalap sudah memfinalisasi setingan teknis buat raceday.

"Saya punya pace bagus dan sangat percaya diri. Banyak pembalap yang bersaing ketat, yang jelas faktor ban yang akan jadi perbedaan. Siapa yang paling kuat melahap 22 laps. Itu yang sangat sulit ditebak dan tergantung situasi saat balapan," kata Dovi yang gagal mendarat di front row karena terhalang rider lain saat time attack terakhir di sesi kualifikasi.

Dan, khusus Zarco, jelas jadi kuda hitam buat anak pabrikan karena mampu melampaui rekor keceoatan di Losail. Tapi,jangan lupa, rekor itu dicatat saat pakai ban lunak yang jelas riskan digunakan buat tarung 22 putaran.

"Saya kira pertarungan akan sangat menarik," imbuh Rossi yang merasa tak terbebani start dari row 3.

Sudah biasa baginya. (andro)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag