F1 2018: Biar Pembalap Rajin Menggempur, GP Australia Tambah Zona DRS

Rabu, 21/03/2018 14:47 WIB

mobilinanews (Melbourne)  - Niat promotor Liberty Media meningkatkan aspek entertainment F1 dimulai pada GP Australia di Sikruit Albert Park, Melbourne,  23-25 Maret 2018.

Caranya dengan menambahkan zona DRS (The Drag Reduction System) dari dua menjadi tiga. Dengan demikian semakin banyak spot untuk aksi salip-menyalip. Bikin pembalap makin bernafsu dan saat sama penonton pun makin terhibur.

Belakangan F1 dinilai tak punya greget karena berlangsung monoton dan aksi overtaking sangat minim. Data Pirelli mencatat tahun lalu saja aksi salip-menyalip turun 47% dari tahun sebelumnya. So, dianggap bahaya jika kesukaan pembalap dan penonton itu tak meningkat pada 2018. 

DRS adalah sebuah sistem yang memudahkan seorang pembalap meningkatkan top speed untuk menyalip pembalap di depannya pada zona yang sudah ditentukan.

Berlaku hanya buat pembalap yang di belakang dan ditentukan saat kedua mobil terekam pada detection point.

Sebelumnya hanya ada dua zona DRS di GP Australia,  yakni saat keluar Tikungan 2 dan 16 dengan garis deteksi di T14. Zona DRS baru ditetapkan pada area exit T12 sampai mulut T13 dengan detection poin berada 170 meter sebelum T11.

Tahun lalu Mercedes hanya melakukan total 14 overtaking selama race, 3 di antaranya berada di dalam zona DRS.

Apakah DRS ke-3 menambah aksi seru-seruan itu, akan terbukti akhir pekan ini. (andro)

TERKINI
Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions di Shanghai, China Suzuki Address 125 2024: Merangkai Unsur Khas Motor Matic Klasik dan Modern dengan Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok