BBM Oktan Tinggi Tak Selamanya Baik, Kenali Kendaraan Anda

Senin, 26/03/2018 17:17 WIB

mobilinanews (Bogor) - Mengisi bahan bakar kendaraan merupakan sebuah kewajiban setiap pengendara, baik mobil maupun motor. Namun jangan dianggap sepele karena mengisi bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin justru akan merusak mesin kendaraan. 

Dalam beberapa kasus, hal ini sering terjadi dimana pengendara mengisi bahan bakar yang tidak direkomendasikan. Tak hanya itu, jangan pernah beranggapan jika bahan bakar dengan oktan tinggi selalu sesuai dengan kendaraan anda. 

Indra Pratama selaku Officer Commercial Retail Fuel Marketing PT Pertamina Persero menjelaskan bahwa pemilihan bahan bakar minyak harus disesuaikan dengan rasio mesin. 

Sebagai contoh kecil yang sebenernya adalah kesalahan fatal misalnya motor matic dengan cc rendah diisi dengan Pertamax Turbo. 

"Jangan mentang-mentang duitnya banyak terus motor Beat diisi Pertamax Turbo, malah diketawain karena memang nggak perlu dan nggak sesuai," papar Indra dalam kegiatan Ngobrol Ringan Pertamina bersama Forum Wartawan Otomotif (Forwot) di Roof Park, Bogor, Senin (26/3). 

Indra menambahkan dalam hal ini, Pertamax Turbo memiliki oktan 98 yang memang diperuntukkan bagi kendaraan dengan performa tinggi. 

"Jika digunakan untuk kendaraan dengan rasio mesin yang tidak sesuai akan berakibat pembakaran yang berlebihan dan membuat mesin cepat panas. Kalau memang banyak duit mending upgrade motornya dulu, baru bahan bakarnya," jelas Indra. (adri)

TERKINI
AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil! Volta Ikut Hadir Meriahkan PEVS 2024 Dengan Luncurkan Warna Baru Tipe Mandala, Brilliant White dan Yellow! ALVA Umumkan Kerjasama dengan Bank BPD Bali, Permudah Elektrifikasi di Linkungan ASN Pulau Dewata Meneropong Target Penjualan Jutaan Unit Chery Secara Global