Ini Tokoh di Balik Suksesnya Balapan ISSOM di Sentul

Minggu, 01/04/2018 19:02 WIB

mobilinanews (Sentul) – Acapkali orang hanya melihat gebyar, ketat dan serunya sebuah balapan di Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM). Namun tidak banyak yang tahu jika gelaran balapan itu ditentukan segelintir orang. Mau tahu?

Simak yang berikut. Sekurangnya, ada element ini yaitu Clerk of The Course, Race Director (RD), Chief Steward, Steward serta Chief Timing System.

"COC itu tugas utamanya menjalankan lomba, sedang RD mensupport segala kebutuhan/keperluan untuk lomba. Tetapi, RD juga punya wewenang seperti COC dalam mengambil keputusan jika diperlukan sebelum ke Juri/ Steward," ujar Rulianto Katam dari IMI Pusat.

Secara umum, Clerk of The Cource atau sering disebut COC adalah orang bertanggung jawab terhadap seluruh balapan.Tugasnya membawahi element lain.

Dani Sarwono adalah figur yang menempati posisi ini dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Dikenal tegas, sangat regulatif dan tidak ada kompromi. Maka itu, dinilai cocok di posisi Ini.

Kemudian ada Race Director atau direktur perlombaan. Tugasnya lebih bersifat teknis terkait balapan yang akan digelar, kelas apa saja, jadwal dan lain-lain. Nama Rulianto Katam, Djembar Kartasasmita. Rabindra Soeparto dan Sigit Widyanto adalah salah satu figur yang menempati posisi ini.

Lalu, ada Chief Steward  yang dibantu 2 orang Steward (pengawas perlombaan). Bertugas sebagai pengawas lomba, memberikan rekomendasi kepada Race Director, menerima dan menganalisa protes yang masuk untuk diteruskan kepada Race Director dan COC.

Biasanya, Steward ini diambil dari expert di bidangnya dan perwakilan dari IMI Provinsi sebagai yang memberi rekomendasi event. Posisi ini sering diisi Rabindra Soeparto, Anthony Sarwono, Rulianto Katam, Usep Garnita, Dony Sarwono, Wilman Jess hingga Mago Sarwono.

Yang tak kalah penting adalah Chief Timing System yang mencatat dan mengeluarkan hasil resmi sebuah balapan. Pekerjaan presisi ini ditentukan oleh peranti timing system yang harus akurat dan di Sentul International telah ada alat dimaksud.

Satu lagi ada Chief Scrutineting yang tugasnya memeriksa kelayakan kendaraan untuk balap. Juga melakukan pembongkaran terhadap bagian mobil yang dicurigai lakukan kecurangan. Bro Anton "Ceper" Chaidir yang menggawangi bidang ini. 

Menariknya, semua yang disebut di atas memiliki ruangan secara khusus yakni di bangunan tower 4 lantai terletak di samping garis start – finish di Sentul International Circuit. Kecuali scrutinering. (budsan)   

TERKINI
Mandalika Radical Experience Diluncurkan di The Elite Showcase 2024 ICE BSD City, Siap Gelar 3 Seri Radical Cup Tips Agar Motor Irit Bensin: Pemeriksaan Tekanan Ban dan Pengaturan Beban F1 2024 Emilia Romagna: Starting Grid Berubah, Oscar Piastri Terlempar dari Front Row,, Ferrari Diuntungkan F1 2024 Emilia Romagna: Max Verstappen Pole Sitter, Raceday 63 Laps Bakal Sulit Ditebak