F1 2018: Kegedean Bodi dan Ban, Itu Sebab F1 Minim Overtaking

Selasa, 03/04/2018 10:19 WIB

mobilinanews (Australia) - GP Australia lalu menambah zona DRS (Drag Reduction System)  guna meningkatkan aksi saling salip di kancah F1.

Faktanya, 3 wilayah DRS tak membuat balapan semakin menarik. Di grup depan, misalnya, sama sekali tak ada aksi overtaking. 

Bahwa Sebastian Vettel bisa juara dari posisi start ke-3 tak lain berkat situasi pitstop yang sangat menguntungkan. 

Race Director F1 Charlie Whiting mengakui tiga zona DRS di GP Australia tidak membuahkan hasil seperti diharapkan.

Meski begitu, ia tegaskan pihak F1 akan coba menambah zina DRS di beberapa sirkuit ke depan. Ada beberapa trek yang memungkinkan penambahan zona DRS.

"Australia sebenarnya bukan tempat yang ideal untuk penambahan zona DRS. Tapi, kami hanya ingin memaksimalkan keberadaan DRS. Ada sirkuit yang lebih tepat untuk itu," ujar Whiting tanpa menyebut trek dimaksud.

Tak sepakat dengan penambahan DRS, pembalap Australia Daniel Ricciardo justru punya pandangan berbeda.

Menurut driver tim Red Bull itu langkanya aksi salip menyalip tak lain karena bongsornya bodi mobil F1 saat ini setelah ban diperbesar dari sebelumnya. 

"Ruang di lintasan semakin sempit. Belum lagi penggunaan perangkat aerodinamik yang berpengaruh pada mobil di belakang," kata Ricciardo dan mengklaim hal itu jadi kesulitan menyalip meski di zona DRS.

Ia bilang F1 tak bisa dibandingkan dengan MotoGP yang digemari penonton karena banyak saling susul dan sangat menghibur.

"Motor sangat kecil dan banyak spot untuk menyalip. Lagipula kecepatan kami 30 detik lebih cepat per lap. Ironisnya setiap tim mengembangkan mobil agar punya lap time semakin bagus. Padahal semakin cepat mobil-mobil itu maka kesempatan menyalip juga semakin sempit."

Sepertinya Whiting dan para petinggi F1 lainnya harus dengarkan omongan Ricciardo. Setidaknya sampai DRS nantinya bisa benar-benar meningkatkan aksi overtaking. (andro)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag