Tidak Hanya Sound Quality, Instalasi Juga Penting

Selasa, 19/05/2015 13:56 WIB

mobilinanews.com (Jakarta) - Masuk hari kedua pelatihan juri EMMA 2015, materi pelatihan adalah melakukan hearing test di mobil-mobil demo serta materi instalasi. Acara pelatihan dilangsungkan di hotel Ibis Mangga Dua, Jakarta Utara.

Instalasi EMMA selalu menjadi momok menakutkan bagi banyak sekali installer Indonesia. “Instalasi itu penting dan tidak bisa dipisahkan dari suara yang baik,” terang Hong, pentolan Prisma Autosound yang bermarkas di bilangan Duri Kepa, Jakarta Barat yang juga mengikuti EMMA Judge Training 2015.

Masuk akal memang, karena instalasi yang optimal mencerminkan suara yang baik. Kenapa bisa begitu, karena dari instalasi inilah kita bisa tahu apakah kabel-kabel terpasang dengan benar, speaker terpasang dengan aman atau head unit terpasang dengan baik atau tidak.

Terpasang dengan baik dan sempurna berarti alat tersebut sudah melalui proses yang benar, seperti terminal positif negatif yang tidak tertukar. Massa grounding yang tepat atau perlindungan kabel untuk menjegah short atau korslet.

Dalam pelatihan ini, EMMA mengajarkan cara mencari instalasi mobil yang benar dan tepat dari sisi teknis, non teknis, kerapihan, serta presentasi. Dalam hal ini, memang Indonesia masih harus melakukan improvisasi yang lebih agar mempunyai nilai optimal dalam sesi instalasi.

Sebabnya adalah sederhana, sistem kerja instalasi di Indonesia adalah borongan bukan work hour yang menyebabkan finishing dan safety terkadang selalu di lewatkan.

TERKINI
Ribuan Peserta Balap Antusias Ramaikan HIDRONE2 HOGERS Indonesia F1 2024: Adrian Newey Sudah "Nyangkut" di Ferrari, Begini Komentar Lewis Hamilton dan Petinggi Red Bull Racing BFGoodrich dan Rawtyperiot Luncurkan Kolaborasi High-Performance Fashion F1 2024 Emilia Romagna: Menuju Sesi Kualifikasi, Charles Leclerc lebih Khwatirkan Angin Daripada Verstappen