Pertarungan Sengit Berebut Tangga Juara di Bengkulu Xtreme Challenge 2018

Senin, 09/04/2018 11:33 WIB

mobilinanews (Bengkulu) – Selama 2 hari, Sabtu – Minggu  (7/4 -8/4) trek Pekan Sabtu, Bengkulu yang tadinya sepi menjadi ramai oleh penggila off-road yang berasal dari 13 kota dan provinsi. 

Mereka beradu skill, nyali dan keberuntungan di event Bengkulu Xtreme Challenge 2018 (BXC),  di mana menurut data terakhir dari panitia peserta yang terdaftar mencapai 77 starter.

 “Rasanya ini jadi rekor terbanyak peserta kompetisi off-road adventure di Sumatera saat ini,” kata Candra Dewana, salah satu offroader senior dari Palembang.

 Peserta BXC 2018 terbagi dalam 3 Kelas yaitu G1 (s/d 1000 cc), G2 (s/d 2500 cc) dan G4(di atas 2500cc).

 “Terus terang saya cukup kaget dengan jumlah peserta yang membludak. Prediksi awal paling sekitar 60 an. Terima kasih kepada semua offroader yang sudah mensukseskan dan berpartisipasi di BXC kali ini,” kata Asep Sopyan, ketua pelaksana BXC 2018.

Menurut HM Sasdi, Kadispora Pemda Provinsi Bengkulu selaku ketua panitia meskipun dipersiapkan efektif kurang lebih 2 bulan tapi event BXC bisa sukses terselenggara.

 “Pertandingan berlangsung seru dan menarik. Dan yang pasti tanpa ada insiden kecelakaan sama sekali,” kata HM Sasdi.

Dalam sambutannya ketika menjamu seluruh peserta BXC 2018 di Gedung Daerah, PLT Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah berkata,” Saya berharap event BXC bisa dijadikan agenda tahunan yang akan digelar setiap tahun di bulan yang sama. Karena terbukti dunia off-road memiliki multi player efek yang luar biasa. “

 Sehingga event BXC dirasa perlu masuk dalam APBD Provinsi Bengkulu 2019 nanti.

Support luar biasa juga ditunjukkan jajaran FKPD Bengkulu di antaranya Korem 041/GAMA di bawah kendali Kol. Inf Irnando Arnold B Sinaga dengan menjadikan Halaman Korem 041 untuk lokasi scrut para peserta BXC.

 Bahkan untuk pengamanan pun personil Korem 041 juga dikerahkan. Tak ketinggalan Kepolisian Daerah Bengkulu juga terlibat dalam kegiatan ini.

Trek yang dibikin Master Trek – Mendol Jeeper dari Surabaya mampu memaksa offroader untuk mengeluarkan seluruh kemampuan yang dimiliki. 

“Karakter treknya bikin pertandingan makin seru. Saya suka sekali dengan lokasi ini,” kata dokter Jack, offroader asal Mataram – NTB yang akhirnya jadi jawara di Kelas G4.

 Mengendalikan tubular bermesin Cherokee stroker 4.500 cc, gaya ngegas agresif yang jadi cirinya membuat Kepala RSUD Mataram ini jadi juara 1 kelas G4 dengan mengalahkan sejumlah offroader papan atas lainnya seperti Azis Yurianto dari Yogya, Nur Cahyo dari Sukabumi, Joko Permana dari Kalteng, Vincet dan Chandra dari Palembang, Abah Hari Emon, Donie Donkas dan lain sebagainya.

Sementara pemuncak peringkat di kelas G2 dipegang oleh Andri Apau dari Tim Sukapura PSM 86, Tasikmalaya. Untuk kelas G1 peraih peringkat 1 adalah Bujang Ali dari SJI Bali. 

Offroader tuan rumah Bengkulu belum bisa berbuat banyak karena memang sudah lama tidak ada pentas offroad berskala nasional yang diikuti maupun digelar di kota Bengkulu.

Hujan turun sangat deras menjelang selesai pertandingan di hari Sabtu tak mengurangi semangat peserta untuk tampil maksimal. 

“Saya sebenarnya sedang fight dengan Andi Apau tapi sayang ada SS yang terkena BWTM (Batas Waktu Tempuh Maksimum) karena sebelum start hujan turun deras dan trek jadi sangat licin. Tapi ya sudah itu namanya nasib. Lain kali harus bisa tampil lebih all out,” janji Alek, offroader asal Solok Sumbar dengan kendaraan tubular bermesin Suzuki 1.600 cc.

Ketika menutup gelaran event BXC 2018, Asisten 3 Pemda Provinsi Bengkulu, Haji Gotri Suyanto SE, Msoc mewakili PLT Gubernur Bengkulu menitipkan pesan agar para offroader mau datang lagi tahun depan karena di lokasi seluas kurang lebih 8 hektar ini akan diperbaiki fasilitas penunjang seperti jalan dan juga lokasi untuk paddock yang lebih luas. 

“Yang jelas Pemda Provinsi Bengkulu mendukung penuh kegiatan ini karena memiliki dampak positif untuk seluruh masyarakat,” tutup Haji Gotri. (budsan)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag