Dyandra : GIIAS Urus Rumah Tangga Sendiri Aja

Kamis, 21/05/2015 20:16 WIB

mobilinanews.com (Jakarta) – Muncul kampanye hitam dengan tagline:  "Say no to IIMS".  Gerakan yang ditujukan kepada Agen Pemegang Merek (APM) Jepang untuk menolak ikutan pameran mobil Indonesia International Motor Show (IIMS) yang digelar Dyandra Promosindo di Kemayoran, Jakarta, 20-30 Agustus 2015.

Kabarnya, itu sengaja dicuatkan pihak PT Amara Tujuh Perjuangan, event organizer Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). “Intinya gerakan itu mengajak untuk tidak ikut IIMS di Kemayoran. Sepertinya sih itu muncul dari pihak sana (Amara Tujuh, maksudnya),” ujar Eri Haryoko,  jurnalis senior peliput otomotif kepada mobilinanews.

Eri yang bersama beberapa wartawan baru saja diundang ke venue GIIAS di ICE (Indonesia Convention Exhibition) BSD City, Tangerang Selatan melihat itu semacam himbauan APM Jepang untuk tidak ikut di IIMS.

iims-baru.jpg" alt="kohen" title="baru" width="370" height="208" />

Ketika ditanya, siapa saja APM dimaksud, Eri enggan menyebutnya.

Namun kabarnya, efek gerakan say no to IIMS itu membuat Mitsubishi dan Honda yang semula berkomitmen ikutan di dua pameran (IIMS dan GIIAS) akhirnya memilih hanya di GIIAS saja.

Demikian pula, beberapa dealer yang semula sudah deal mau ikutan di IIMS, juga memilih membatalkan. “Daripada dealer itu tidak mendapatkan pasokan mobil dari APM, lebih baik tidak ikut IIMS. Memilih cari aman,” sebut Eri lagi.

Menanggapi itu, Hendra Noor Saleh selaku direktur Dyandra Promosindo hanya tertawa kecil. “Kenapa sih, pihak sana komentar jelek terhadap IIMS? Ngapain saya harus nanggapi ancaman “say no to IIMS” versi Pak Dany Budiarto? Beliau bukan bos Mitsubishi dan Honda kan?  Menurut saya, lebih baik kalau masing-masing fokus pada pameran masing-masing,” ujar Kohen, sapaan karibnya, Kamis  (21/5).

Lalu mantan pemimpin redaksi beberapa media di bawah Kompas Gramedia ini menyebut sebaiknya tidak membandingkan IIMS dengan pameran lain apple to apple.

“Karena secara konsep, sangat berbeda IIMS itu menampilkan mobil hanya sebagai satu dari 10 elemen lain. Jadi kekuatan IIMS itu ada di 10 elemen,” terangnya.

“Rasanya tidak bijak kalau hanya menanyakan jumlah APM yang ikut di IIMS untuk menjadi barometer kesuksesan. Karena itu hanya satu bagian. Toh kami sadar dari awal, jumlah APM yang ikut tidak mungkin sama dengan tahun lalu,” ujar Kohen.

Dari 10 elemen yang akan diusung IIMS itu salah satunya pada hiburan. Yakni, Dyandra selaku event organizer akan mendatangkan penyanyi pop wanita yang tengah digandrungi asal Amerika Serikat dengan youtubenya telah ditonton 300 juta orang.

Hayo tebak, siapakah dia?  

TERKINI
Hyundai Staria Hybrid: MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap OnePrix 2024 Palopo : Insiden Sikut dan Dorong Akibatkan Pembalap Kehilangan Posisi, Harusnya Disanksi Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta