Mitsubishi Dapat Jempol dari Jokowi

Sabtu, 28/04/2018 14:31 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Mitsubishi Motors menandai ekspor pertamanya dari Indonesia melalui pengumuman yang ekspor Xpander ke negara-negara ASEAN. Pencapaian ini membuat Mitsubishi mendapat apresiasi dan acungan jempol dari Presiden Joko Widodo yang hadir langsung dalam seremoni ekspor 400 unit Mitsubishi Xpander pertama ke Filipina.

Jokowi mengatakan ia mengapresiasi karena proses produksi dan perakitan Xpander di Indonesia juga melibatkan banyak tenanga kerja Indonesia. Bahkan tahun ini, Mitsubishi juga akan menambah kapasitas produksi sekaligus berencana menambah jumlah tenaga kerja sebanyak 600 orang.

"Saya sangat mengapresiasi lompatan kemajuan Mitsubishi di Indonesia yang resmi mengekspor pertama kali Xpander. Bukan hanya asia tenggara tapi juga akan masuk pasar Timur Tengah serta Amerika Selatan. Diproduksi dan dirakit oleh tenaga kerja indonesia," kata Jokowi dalam sambutannya di IPC Car Terminal, Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (25/4). 

"Ekspor dan investasi, itu yang selalu saya ulang dimana-mana. Karena dua hal ini adalah kunci penting kemajuan ekonomi Indonesia. Ekspor juga harus ditingkatkan terutama yang non sumber daya alam (SDA). Seperti sektor otomotif ini," lanjut Jokowi.

Selain itu hal lain yang cukup membanggakan ternyata unit Xpander produksi Indonesia di pabrik Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di GIIC Cikarang, Bekasi ini juga didominasi dengan konten lokal. "Sejauh ini local content 67 persen dan akan ditingkatkan lebih lagi, itu sudah kita rencanakan," jelas Takao Kato, Presiden Direktur Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI).

Sementara itu, ekspor ini menjadi sejarah baru dalam perjalanan panjang Mitsubishi Motors di Indonesia. Karena untuk pertama kalinya model Mitsubishi yang diproduksi massal di tanah air memulai ekspor ke luar negeri. (adri)

 

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag