Offroader Semakin Bergairah Ikuti SEX-3 di Aceh

Minggu, 29/04/2018 23:15 WIB

mobilinanews (Banda Aceh) - Mendadak lapangan Blang Padang di Banda Aceh dipenuhi mobil jip dan dirt bike. Warna oranye mendominasi kendaraan yang berdatangan dari berbagai kota. Wajah penuh gairah peserta terlihat saat mengikuti Seulawah eXpedition (SEX) 3 yang digelar selama 5 hari nonstop.

"Ini event offroad ultimate Seulawah eXpedition yang ketiga diadakan sejak tahun 2016. Tahun 2018 treknya lebih menantang nyali untuk ditaklukkan," buka Musni Haffas, Ketua Indonesia Off-road eXpedition (IOX) Aceh Chapter selaku penyelenggara.

SEX menjadi ajang ekspedisi lintas alam dengan kendaraan 4x4 dan dirt bike terbesar di Aceh. Gaungnya terdengar hingga keluar. Tak salah bila peserta berdatangan dari Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Riau dan Jakarta. Bahkan dari Kinanalu Sabah Malaysia ikut serta.

Tahun 2018 rutenya menembus dua Kabupaten, Aceh Besar dan Aceh Pidie. "Rute ekspedisi dari Selimun Panca hingga Keumala Dalam. 26 km merupakan track offroad yang baru diterabas saat survey Maret lalu," ungkap Musni Haffas, Expedition Leader yang lebih familiar disapa Bang Alex.

Meski jaraknya pendek, namun bakal ditempuh selama 5 hari nonstop, dari 27 April hingga 1 Mei 2018. Tentunya dibutuhkan kerjasama tim. "Kami satu tim terdiri 4 mobil," ujar Chairunnas, Ketua Jam Gadang Offroad (Jagord) dari Bukittinggi, Sumatera Barat.

Yang membuat offroader semakin bergairah, jalur yang dilewati merupakan pertapakan hilir mudiknya Gajah Sumatera. "Salah satu misi event SEX-3 yaitu membuat jalan pintas dari 150 km menjadi 80 km, sehingga nantinya bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar sebagai jalur evakuasi dari erupsi gunung api Seulawah," beber Alex.

Tak lupa misi lingkungan hidup dijalankan ratusan offroader. Peserta yang dibatasi hingga 70 unit mobil plus puluhan motor trail melakukan penghijauan. Lokasinya di Waduk Keuliling Aceh Besar.

Beratnya medan yang dilewati, tidak ada kata balik arah. Motto "No Turning Back" menjadi sligan event SEX. Ekspedisi baru akan berakhir Selasa (1/5/18) di Alun Alun Kota Sigli yang dijadikan finish gate. Malamnya pembagian award dan penutupan di Pendopo Bupati Pidie. (BangVe)

TERKINI
GIIAS 2024: Dorongan Konsisten untuk Industri Kendaraan Bermotor Indonesia Bocor, Motor Listrik TVS iQube Terbaru Akan Rilis Dengan Harga Rp 50 Jutaan, Berikut Spesifikasi Lengkapnya! Riding Clan of Classy, Ekspresikan Anak Muda Pengguna Yamaha Fazzio Hybrid di Surakarta Tekiro Adakan Servis Gratis di Kampus ITS Surabaya, Incar Terpelajar