Rahmat Juanda Hasibuan, Offroad & Tapanuli Selatan

Rabu, 02/05/2018 12:58 WIB

mobilinanews (Tapsel) - Ingat Tapanuli Selatan di Sumatera Utara, jadi ingat nama offroader satu ini. Pasalnya Rahmat Juanda Hasibuan paling rajin ikuti event adventure offroad di Sumatera. Wajar namanya familiar di kalangan offroader.

Apa motivasinya?

"Pertama kali main offroad tahun 2005. Saat itulah IOF baru dibentuk di Kabupaten Tapanuli Selatan. Pendirinya Aldhin Rapolo, Wakil Bupati Tapsel," kenang lelaki kelahiran Padangsidimpuan ini yang biasa dipanggil Nanda.

Ketika itu masih eranya offroad kompetisi. Offroader di Tapsel pun ikut bangkit hingga berjumlah 37 unit kendaraan. Lalu Nanda melanglang ke negeri tetangga, seperti Aceh, Medan, Kisaran, Bukittinggi, Payakumbuh, Padang, Solok, Pasaman Barat, Jambi, Riau, Madina dan Tapanuli Tengah.

Belakangan offroad kompetisi beralih ke ekspedisi. "Sekarang banyak mobil istirahat. Boleh disebut saya dan beberapa offroader yang masih bertahan di Tapsel masih main keluar," beber Nanda, kelahiran 23 Juli 1980 yang mengandalkan Suzuki Sierra.

Nanda pun berusaha menghidupkan offroad di daerahnya. PNS ini pun duduk sebagai Wakil Ketua IOF Pengcab Tapsel. "Harusnya ikut main di Seulawah eXpedition di Aceh, tapi jadwal bentrok dengan Musda IOF Sumut," pasrah Nanda.

Nanda tak sendiri. Sutan Gunung selaku Ketua IOF Pengcab Tapsel berandil merangkul offroader yang masih bertahan di Tapsel. Sebut saja nama Faisal, Ameng, Udin dan Ferry yang sering ikut event offroad dan juga tergabung dalam pengurus IOF.

Tak hanya konsen ikut kejuaraan. Misi sosial pun dijalankan. Offroader Tapsel cepat tanggap memberikan bantuan saat gempa Aceh 2004 dan Padang 2009. Pantas saja nama Tapsel sering disebut offroader di Sumatera.

Siplah! (bangve)

TERKINI
Sukses Gelar Porsche Sprint Challenge Indonesia, Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions Suzuki Address 125 2024: Skutik Matic Modern Bernuansa Klasik Yang Tampil Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok