Berapa Hari Sekali Sebaiknya Mencuci Mobil, Ini Penjelasannya

Jum'at, 18/05/2018 12:01 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Seperti halnya kita yang harus mandi setiap hari, demikian pula mobil. Karena bisa membuat mobil lebih bersih dan sedap dipandang.

Tetapi tahukah jika semakin sering dicuci maka mobil juga bisa cepat mengalami kerusakkan.

Seperti diketahui material mobil memiliki batas ketahanannya sendiri-sendiri terhadap jamur atau karat. Sehingga semakin sering dicuci justru akan membuat mobil rentan ditumbuhi jamur atau berkarat.

Loh, kok bisa? Dengar penuturan seperti dikutip dari laman mekanik Mitsubishi.

"Sebaiknya jangan terlalu sering mencuci mobil. Karena ketika mobil Anda terus-terusan terkena air, akan membuat mesin dan bodi mobil menjadi lembab, itu sebabnya mobil anda akan lebih mudah berjamur ataupun berkarat."

Jadi berapa hari sekali sebaiknya mencuci mobil?

Disarankan, waktu paling cepat mencuci mobil adalah satu kali dalam seminggu. Jika tidak sempat, cukup mencucinya dua hingga tiga kali dalam satu bulan.

Namun, jika ingin melakukan pembersihan yang menyeluruh pada mobil, waktu terbaik untuk melakukannya  sebanyak dua kali dalam satu bulan.

Meskipun terlalu sering mencuci mobil bisa memberikan dampak yang tidak baik, bukan berarti mobil tidak boleh dicuci atau dibersihkan. 

Hanya saja mencuci mobil sebaiknya dilakukan dalam waktu yang wajar dan ideal.

Jelas dong. (budsan)

TERKINI
Seres dan DFSK Ikut Ramaikan Pameran PEVS 2024, Bawa Ragam Mobil Listrik Chery dan Konsistensi Inovasi Teknologi di OMODA E5, Bukti Keseriusan Dalam Mendukung EV Indonesia Wuling Resmi Buka Pemesanan Cloud EV di PEVS 2024, Harga Pre-book Rp410 Juta FIF Terima Fasilitas Pinjaman Berkelanjutan Senilai 60 Juta Dolar