Ferrari SP38, Pesanan Khusus Gabungan Inspirasi Mahakarya Terbaik

Jum'at, 25/05/2018 12:42 WIB

mobilinanews (Maranello) - Ferrari SP38 adalah supercar kreasi terbaru  dari program One-Off Ferrari yang baru saja diluncurkan di Fiorano (23/5). 

Setelah serah terima kepada salah satu pelanggan Ferrari yang paling berdedikasi, supercar pesanan khusus ini langsung dicoba di lintasan dalam serangkaian sesi hotlap.

Dirancang oleh Ferrari Design Centre dan berbasiskan sasis, mesin dan transmisi Ferrari 488 GTB. 

Mencerminkan visi dan hasrat yang mendalam pemiliknya terhadap dunia balapan. 

Bodywork yang serba baru, di balut dalam warna merah metalik tiga lapis, menandai pergeseran yang radikal estetika bahasa dari mobil donor yang digunakan. 

Penempatan twin-turbo dan twin-intercooler dari Ferrari 488 GTB menginspirasi tim untuk menggunakan mahakarya F40 sebagai referensi ikon yang menjadi acuan arah project ini.

Dibandingkan dengan sasis 488, penampilan keseluruhan SP38 terkonsentrasi di bagian atas roda belakang dengan desain wedge melebar  tajam ke arah depan. 

Bonnet yang sangat runcing kemudian melebar pada bagian atas lingkar roda memberikan kesan potensi dan kelincahan. 

Lampu depan inset khusus dirancang setipis mungkin, dengan DRL yang terus menyala direlokasi untuk menambah karakter dan fungsionalitas dengan bumper-lip ala 308 GTB. 

Pada bagian samping, saluran udara yang menjadi ciri khas 488 GTB dibuat benar-benar tersembunyi di mana lembaran logam menutupi bagian bawah belt-line di pintu dan ke lingkar roda belakang serta tiga bagian kaca belakang.

Efeknya sangat dramatis, karena hal ini memperkuat kesan pentingnya volume bagian belakang mobil pada saat yang sama mempertahankan aliran udara ke intercooler di bawah kaca samping. 

Gaya dinamis berlanjut di atas penutup mesin, yang menggantikan kaca belakang dengan konstruksi buka-tutup terbuat dari serat karbon dengan ujung yang memotong flank dan merupakan susunan yang langsung mengingatkan kita pada F40. 

Tiga bilah transversal melintang pada penutup mesin untuk mengeluarkan udara panas dari mesin. 

Terintegrasi sempurna dengan spoiler belakang yang menjadi ciri khas seperti sayap belakang yang terkenal pada F40. 

Trailing edge dari spoiler terhubungkan secara mulus dengan sayap dan diffuser aerodinamis di bagian bawah, membuat bingkai sugestif mengelilingi volume bagian belakang mobil.

Bagian dalam kabin yang sepenuhnya tailor made memberikan sentuhan akhir pada Ferrari yang benar-benar istimewa ini. 

Ferrari SP38 akan dipamerkan untuk pertama kalinya di Concorso d'Eleganza Villa d'Este pada Sabtu (26/5) mendatang.

Perpaduan mahakarya yang sempurna. (anto) 
 

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh