Jembatan Kalikuto Diresmikan, Mudik Lebaran 2018 Semakin Nyaman

Kamis, 14/06/2018 11:35 WIB

mobilinanews (Batang)- Pada Rabu (13/6/2018) saat masuk waktu sholat azhar atau H-2, Jembatan Kalikuto yang merupakan bagian dari Jalan Tol Batang-Semarang, resmi difungsikan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pun penuh senyum. Karena janji yang diucapkannya sejak Maret 2018 tertunaikan.

Menurut "Jenderal Infrastruktur Kabinet Kerja" ini, Jembatan Kalikuto merupakan missing link dari jaringan Tol Trans Jawa sepanjang 760 kilometer yang membentang dari Jakarta hingga Surabaya.

"Kalau tidak tersambung, rasanya kurang lengkap dan sempurna. Sore ini pukul 15.20 WIB kita buka dan sudah saya coba sendiri. Insya Allah aman,” kata Basuki.

Jembatan Kalikuto yang dirancang sepanjang 164 meter, berbobot 2.400 ton dan memiliki bentang utama 100 meter serta jalan pendekat di sebelah barat dan timur masing-masing 32 meter.

Dengan dibukanya Jembatan Kalikuto diharapkan akan lebih memperlancar arus mudik dan balik Lebaran 2018.

Sebagaimana diketahui H-3 dan H-2, serta H+2 hingga H+4 Lebaran menjadi puncak kepadatan lalu lintas tahun ini.

Kondisi Jembatan Kalikuto selama fungsional menggunakan lantai dengan plat baja dengan ketebalan 2 cm yang disangga dengan soaringdan dengan cross girder baja yang diikat dengan tali baja (temporary hanger) sebanyak 20 buah, dilengkapi pagar, median barrier, rambu-rambu dan lampu penerang.

Sebelum open traffic pada Jembatan Kalikuto, kendaraan diarahkan keluar tol di exit Grinsing menuju jalan arteri sepanjang 500 meter dan masuk kembali ke ruas Tol Batang-Semarang melalui pintu Weleri.

Meski Jembatan Kalikuto sudah bisa dilewati namun exit Grinsing tetap dibuka.

Pembangunan Tol Batang-Semarang termasuk Jembatan Kalikuto ditargetkan akan rampung pada akhir 2018.

“Setelah arus mudik dan balik selesai, pengerjaan jembatan ini akan dilanjutkan kembali,” terang Basuki. (budsan, kompas.com)

TERKINI
Hyundai dan Grab Salurkan Alat Batu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas Wuling Ajak Komunitas Rasakan Sensasi dan Kenyamanan Berkendara Cloud EV Tutup Ajang PEVS 2024 dengan Gemilang, MG Raih Penghargaan Favorite Big MPV untuk MG Maxus 9 Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024