Thierry Neuville Sukses Bawa Hyundai Jadi Bintang Reli Dunia

Minggu, 24/06/2018 12:12 WIB

mobilinanews (Paris) – Kiprah Hyundai Motorsport di ajang World Rally Championship (WRC) kini semakin diperhitungkan. 

Tidak heran, karena salah satunya berkat peran Thierry Neuville yang sukses bawa Hyundai jadi bintang reli dunia sekelas WRC. 

Dikutip dari laman resmi PT  Hyundai Mobil Indonesia, nama Thierry Neuville saat ini tidak bisa dipisahkan dari keberhasilan Hyundai i20 WRC dalam merajai beberapa seri World Rally Championship (WRC). 

Bahkan di 2017 lalu, pria bernama lengkap Thierry Jean Neuville sukses meraih empat podium pertama di Rally de France, Rally Argentina, Rally Polandia dan di seri penutup, Rally Australia.

Lahir di Belgia, 16 Juni 1988, awal karier di reli dunia dimulai pada tahun 2010. Kala itu Neuville turun di Junior World Rally Championship dan berhasil mengoleksi tiga kemenangan dan berada di urutan tujuh dari seluruh pembalap. 

Di tahun yang sama, Neuville juga mengikuti enam seri kejuaraan International Rally Challenge mengandalkan Peugeot 207 S2000.

Di tahun 2011, Neuville mengikuti kompetisi International Rally Challenge secara penuh dengan Peugeot 207 S2000. 

Di reli ini, namanya mulai melejit karena berhasil meraih podium pertama dua kali dan menempatkan namanya sebagai lima besar pembalap di klasemen akhir. 

Prestasi ini yang kemudian membawanya dikontrak oleh tim Citroen untuk WRC untuk musim 2012 dan bertarung bersama Citroën Junior Team dan Qatar World Rally Team.

Prestasinya bersama Qatar Rally Team di 2013 membuat Hyundai Motorsport melirik pria kelahiran St. Vith ini sebagai salah satu pembalap utama. 

5 November 2013 menjadi momen dimana Thierry Neuville secara resmi bergabung bersama Hyundai Motorsport dan turut mengembangkan Hyundai i20 WRC. 

Thierry Neuville pun tetap berpasangan dengan Nicolas Gilsoul yang telah menjadi co-driver pendampingnya sejak tahun 2011.

Di tahun pertama dan kedua dengan Hyundai Motorsport, pembalap yang kali pertama mengikuti balap reli di Reli Finlandia ini belum menunjukkan performa maksimal. 

Di dua tahun pertamanya, Thierry Neuville hanya berhasil menempati posisi ke-6 pada klasemen pembalap. Namun prestasinya semakin meroket di tahun 2016. 

Walau hanya sekali meraih podium pertama di Rally d’Italia, namun penyuka makanan pasta ini berhasil menjadi runner-up di klasemen pembalap di bawah Sebastian Ogier.

Berkaca pada hasil tahun sebelumnya, Hyundai Motorsport memasang target tinggi pada WRC musim 2017. 

Thierry Neuville sebagai pembalap utama diharapkan dapat menjadi juara dunia, sekaligus menjadikan Hyundai Motorsport sebagai juara manufaktur.

Di 2018, Thierry Neuville kembali mampu membuktikan kiprahnya bersama Hyundai Motorsport dengan meraih posisi teratas di Reli Swedia, Portugal dan Italia. 

Tidak heran, kiprahnya mampu membawa Hyundai jadi bintang reli dunia. (anto) 
 

TERKINI
FIFGROUP Resmikan Kampung Berseri Astra, Binaan Pertama Di Kota Depok F1 2024: Max Verstappen, "Dibayar 250 juta Euro pun Tak Cukup Membuat Saya Pindah ke Mercedes" Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Wuling Raih The Most Popular EV Brand Dalam Penghargaan Listrik Indonesia 2024