Duet SUV Chevrolet Terbukti Mampu Atasi Kondisi Jalan Ekstrem

Kamis, 05/07/2018 13:40 WIB

mobilinanews (Bangkok) - Sebagai pionir di segmen SUV sejak beberapa dekade, Chevrolet memiliki pengalaman tak tertandingi dalam mengembangkan kendaraan SUV yang tangguh menantang jalanan ekstrem. Keunggulan ini tampil nyata dalam Chevrolet Trailblazer dan Colorado

Teknisi General Motors (GM) telah mempersiapkan SUV premium ini untuk menghadapi berbagai kondisi berkendara, dengan menyematkan rangka baru dan melakukan pengujian ketangguhan secara ketat selama 18 bulan yang dibutuhkan untuk pengembangan dan validasi kendaraan. 

Persiapan dan pengujian yang serupa juga dilakukan untuk truk ikonis, Chevrolet Colorado yang telah diluncurkan di Indonesia.

“Ragam kondisi jalan di Indonesia serta perbedaan cara penggunaan SUV dan truk oleh konsumen Indonesia, mengharuskan adanya versatilitas cukup tinggi pada Trailblazer dan Colorado, agar mampu menghadapi tantangan yang mungkin dihadapi,” ujar Chatchawan Chantaket, General Director of Product Engineering, GM Southeast Asia dalam keterangannya.

 “Kami memahami konsumen kerap mengendarai Trailblazer dan Colorado pada jalur off-road atau jalanan berbatu, namun kami juga memahami bahwa mereka juga menghabiskan banyak waktu pada jalan beraspal,” jelas Chantaket. 

Oleh karena itu, dilakukan peningkatan kualitas mengemudi kendaraan melalui berbagai perubahaan dalam rangka kendaraan, termasuk power steering elektrik serta memperhalus baik getaran maupun deru transmisi dan mesin kendaraan.

Walaupun pengguna SUV dan pickup truck tidak meluncur di lintasan off road, menurut Chantaket mereka sering berkendara pada permukaan jalan yang tidak mulus dan berlubang yang dapat merusak roda ban, suspensi, sehingga mempengaruhi kondisi kendaraan.

Untuk memastikan ketangguhan dalam menghadapi kondisi berkendara tersebut, Trailblazer dan Colorado telah diuji pada area pengujian GM berupa jalan dengan kondisi berlubang, mulai dari ringan hingga mampu menggetarkan chasis. 

Kondisi jalan buruk ini sengaja dibuat untuk membantu para teknisi dalam mengurangi guncangan kendaraan serta menyesuaikan suspensi dalam meminimalisir ketidaknyamanan penumpang.

Berkat uji ketat dan penerapan rangka tangguh, duet SUV Chevrolet yaitu Trailblazer dan Colorado terbukti mampu atasi kondisi jalan ekstrem. (anto)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag