Panduan Beli SUV Di Bawah Rp 300 Juta

Selasa, 02/06/2015 09:32 WIB

mobilinanews.com (Jakarta) - Pilihan Crossover SUV atau light compact SUV makin banyak di Indonesia. Ada duo Toyota Rush dan Daihatsu Terios, Nissan Juke, Ford EcoSport dan Honda HR-V. Hal ini tentu baik bagi konsumen, namun di sisi lain juga akan semakin membingungkan konsumen dalam menjatuhkan pilihan. Terlebih masing-masing pabrikan membidik target market dengan daya beli serupa, di angka Rp 250 jutaan (atau di bawah harga Rp 300 juta).

Lantas beli atau pilih yang mana? mobilinanews mencoba membantu memberikan tambahan referensi  berkualitas, yaitu dari segi keamanan/keselamatan dan fitur yang ada pada tiap mobil. Berikut hasil penelusurannya...

Toyota Rush dan Daihatsu Terios

Konsumen kedua kendaraan ini bisa diklasifikasikan pada konsumen yang membeli brand dan layanan purna jual yang lebih luas. Dari segi pembaruan, keduanya hanya mengalami perubahan minor sejak pertama kali diperkenalkan tahun 2006.

Untuk model tahun 2015, beberapa informasi perubahan fitur baru Toyota Rush dapat Anda klik di sini. Untuk hasil uji keselamatan di EuroNCAP pada tahun 2008, Daihatsu Terios mendapat hasil uji proteksi untuk penumpang dewasa 4 bintang, anak-anak 3 bintang dan pejalan kaki 3 bintang. Klik di sini link-nya.

 Kelebihan: Kekuatan brand dan layanan purna jual

Kelebihan: Desain bodi tidak berubah sejak 2006

Rekomendasi: 3 bintang

Nissan Juke

Nissan Juke Revolt merupakan strategi pembaruan PT Nissan Motor Indonesia pada tahun 2015 ini. Satu hal yang pasti, pembeli Nissan Juke umumnya menyenangi desain eksteriornya yang unik. Plus, yang sudah mengendarainya pasti suka dengan driving pleasure a la Nissan.

mobilinanews sempat merasakan berada di belakang kemudi Nissan Juke Revolt beberapa waktu lalu (baca Juke Revolt Laksana Karakter Bima Sena dan Compact Crossover Berklakson Imut), serta klik di sini untuk melihat videonya.

Nissan Juke mendapat rating 5 bintang (sempurna) dari EuroNCAP saat uji keselamatan. Ini tentu menjadi nilai lebih bagi pembeli mobil berkualitas (smart car buyer).  Klik di sini untuk melihat hasil pengujiannya.

 Kelebihan: Keselamatan telah teruji di Eropa

Kelemahan: Nilai brand di Indonesia belum sekuat Toyota dan Honda

Rekomendasi: 4 bintang

Ford EcoSport

Secara kualitas dengan strategi One Ford, light compact SUV dari brand asal Amerika buat menyasar segmen konsumen Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Selain telah melalui pengembangan riset di berbagai medan, Ford EcoSport memiliki kualitas rancang bangun yang sangat memadai. Klik di sini untuk melihat video mengenai keunggulan Ford EcoSport.

Berdasarkan hasil pengujian EuroNCAP, Ford EcoSport berhasil mendapat nilai 4 bintang. Sebuah pencapaian yang cukup baik. Klik di sini untuk melihat hasil pengujiannya.

 Kelebihan: Kualitas rancang bangun dan kaya fitur terkini

Kelemahan: Kualitas layanan purna jual Ford di Indonesia masih kerap dikeluhkan konsumen

Rekomendasi: 4 bintang

 

Honda HR-V

Meski merupakan pendatang baru di kelasnya, Honda HR-V langsung berhasil meroket masuk ke dalam daftar 20 mobil terlaris di Indonesia (baca Ini Dia Perhitungan Beli Kredit Honda HR-V ).

Berdasarkan hasil pengujian Japan New Car Assessment Program (JNACP), Honda HR-V berhasil mendapat rating keselamatan 5 bintang (baca Mobil Terlaris dan Teraman di Indonesia).

 Kelebihan: Didukung nilai brand yang kuat dan layanan purna jual luas.

Kelemahan: -

Rekomendasi: 5 bintang

TERKINI
Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions di Shanghai, China Suzuki Address 125 2024: Merangkai Unsur Khas Motor Matic Klasik dan Modern dengan Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok