F1 2018: Tim-Tim F1 Mulai Curiga dengan Mesin Ferrari

Jum'at, 27/07/2018 12:37 WIB

mobilinanews - Direktur balap FIA bersama beberapa perwakilan tim di F1 mengutarakan kecurigaan mereka terhadap peningkatan power mesin Ferrari. 

Bahkan Whiting menggelar pertemuan dengan perwakilan Mercedes di motorhome milik Mercedes saat GP Jerman di Hockenheim. 

Whiting menjelaskan banyak pihak yang mempertanyakan, namun sejauh ini Whiting sudah mendapatkan penjelasan dari pihak Ferrari. 

"Kami sepenuhnya puas dengan penjelasan mereka (Ferrari),  seperti yang telah kami bilang di Monako. Beberapa tim mengajukan pertanyaan lebih lanjut, dan kami sudah mencoba untuk mengklarifikasinya. Bisa dibilang kami juga berusaha membantu untuk menenangkan mereka," terang Whiting. 

Sementara itu, bos tim Mercedes, Toto Wolff, mengatakan bahwa pertemuan dengan Whiting adalah sesuatu hal yang biasa. 

"Pertemuan yang dilakukan FIA dengan para tim, pabrikan mesin, itu sudah biasa terjadi. Memang akan tampak mencolok jika pertemuan tersebut dilakukan di pekan balapan. Tapi sebenarnya ini sepenuhnya membahas berbagai topik teknis," kata Wolff. 

Lebih lanjut, bos Renault Sport F1, Cyril Abiteboul, juga mengakui bahwa pihaknya menemukan ada data yang "aneh" dari Ferrari. Namun pihaknya belum berani menuding Ferrari melakukan sesuatu yang ilegal. 

"Pertama, kami tahu ada defisit tenaga, yang selama ini dikuasai mesin-mesin Mercedes. Mereka masih kuat, tapi sekarang Ferrari mulai mengambil alih. Ini lebih soal pertarungan teknis yang tidak terlihat secara kasat mata. Tapi kemajuan mereka sungguh luar biasa," beber Abiteboul. 

Abiteboul menambahkan, progres tak hanya di tim Ferrari saja tapi juga terjadi di tim Sauber dan Haas F1

"Memang ada yang aneh, tapi bukan berarti itu ilegal. Menurut saya apa yang mereka capai harus kita akui, dan itu menjadi motivasi tambahan bagi kami untuk bekerja lebih keras, dan mencoba untuk meraih kemajuan yang sama," tutupnya. (adri)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag