Pelumas Agip Rebranding Jadi Eni Oil, Ini Alasannya

Selasa, 31/07/2018 20:51 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Meski lebih dulu dikenal dengan merk Agip, kali ini brand asal Italia tersebut melakukan rebranding dengan nama baru yaitu Eni Oil. Hal ini sejalan dengan transformasi bisnis upstream dan downstream perusahaan induk Eni Sp.A Italy. 

Imran Razy, Direktur PT Bahana Nusa Lubrindo (BNL) selaku Exclusive Main Distributor ENI Oil di Indonesia menjelaskan bahwa transformasi Agip menjadi Eni Oil memang menjadi tantangan tersendiri. 

"Kami akui ini menjadi tantangan untuk mengkomunikasikan nama Eni ke pasar Indonesia. Karena itu semua aktifitas branding kita saat sudah menggunakan merk Eni," ujarnya saat ditemui di kantor Eni Oil, gedung Altira Bussines Park, Jakarta Utara, Selasa (31/7). 

"Ada beberapa produk kita masih pakai nama Agip, tapi ke depan semuanya akan kita konversi ke Eni agar imej brand Italia semakin kuat," sambungnya. 

Lebih lanjut, Akian selaku Direktur Utama PT Gani Distribusi Lubrindo (Eni Oil) yang mengurusi aspek industri menambahkan bahwa pemakaian nama Eni adalah keputusan induk perusahaan. 

"Eni adalah nama induk perusahaan. Agip ini salah satu bisnis dibidang lubricants. Tapi sekarang mereka (perusahaan induk) ingin nama Eni dipakai untuk brand pelumas," jelas Akian. 

Produk Eni Oil tak hanya menyasar segmen retail otomotif, dilakukan pula penjualan untuk segmen fleet transportasi dan industry. Perusahaan angkutan dan transportasi seperti Hiba Utama, Pahala Kencana, Anggada Perkasa, Duta Trans, Warga Baru dan beberapa pemain di bidang transportasi lainnya telah mempercayakan penggunaan ENI Oil. Sedangkan produk Eni Oil untuk segmen industri sudah digunakan diberbagai sektor industri alat berat, perkebunan, pertanian, infrastuktur, marine. 

Dibidang retail PT BNL terus berupaya memaksimalkan penjualan melalui mekanisme social media seperti Facebook (@AgipID), Instagram (eniindonesia) dan Twitter (@Agip_ID). Perkembangan dunia digital juga membuat PT BNL menggunakan channel e-commerce sebagai salah satu jaringan pendistribusian produk-produknya demi menjangkau permintaan konsumen. (adri)

 

TERKINI
PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang dengan Penjualan 108 SPK, Ini Keunggulan yang Ditawarkan Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh WahanaArtha Ritelindo Rayakan Hardiknas dengan Program dan Promo Spesial GIIAS 2024: Dorongan Konsisten untuk Industri Kendaraan Bermotor Indonesia