Sirkuit Skyland Sekayu di MUBA Siap Pakai Usai Renovasi Total

Rabu, 01/08/2018 15:15 WIB

mobilinanews (Palembang) - Lama tak dipakai balapan, sirkuit permanen Skyland yang berada di Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin (MUBA) tak terawat lagi. Padahal sirkuit internasional pertama di Sumatera ini disukai pembalap berlaga. Kini sirkuit yang dipakai ajang Balap Motor PON 2004 lalu sedang dibenahi.

Jelas ini menjadi kabar gembira buat insan motorsport di Sumatera. Apalagi Sirkuit Skyland menjadi venue Kejuaraan Nasional Motoprix Region 1 Putaran 7 yang akan digelar Sabtu dan Minggu, 8-9 September 2018.

"Kita aktifkan kembali sirkuit Skyland untuk banyak kegiatan otomotif. Renovasi total telah selesai dilakukan, mulai aspal ulang atau layer seluruh trek setebal 7-8 cm dan perbaikan fasilitas pendukung," ungkap Dodi Reza Alex, Bupati Muba.

Dodi adalah Pembina Sirkuit Skyland yang dibangun semasa ayahnya Alex Noerdin menjadi Bupati Muba. Ke depan bakal diadakan kejuaraan balap motor, drag bike, slalom dan ajang otomotif lainnya berstandar nasional dan internasional.

Sirkuit kebanggaan masyarakat Muba ini terakhir dipakai saat Kejurnas Motoprix tahun 2015. "Inilah momentum kebangkitan kegiatan otomotif di Musi Banyuasin dan Sumatera Selatan," sebut Pathi Riduan selaku Ketua Penyelenggara yang sehari-hari menjabat Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Musi Banyuasin (Kadishub Muba).

Semua fasilitas pendukung telah dibenahi. Mulai tribun penonton (grandstand), tower time keeper, medical centre, ruang OC & RC, pos lintasan, toilet, mushalla sampai paddock yang bisa menampung 50 tim balap. Praktis sirkuit yang memiliki Sertifikasi Grade B dari IMI dan UAM layak dipakai untuk ajang balap setingkat Asia.

"Total panjang lintasan 2100 meter dengan trek lurus sepanjang 400 meter. Jaraknya sekitar 12 km dari kota Sekayu. Fasilitas hotel dan keamanan pembalap serta tim yang datang akan kami jamin dari aksi oknum tak bertanggung jawab," yakin Haristian, Kabid Olahraga di Pengprov IMI Sumatera Selatan yang sering dipanggil Ican Nian.

Ada 12 kelas perlombaan yang akan dimainkan. Rincinya, 6 kelas Utama Kejurnas, mulai MP1 sampai MP6 dan 6 kelas lagi Supporting Class. Bedanya, biaya pendaftaran peserta Kejurnas Rp.550 per kelas yang diikuti. Sedangkan kelas pendukung hanya Rp.300 ribu.

Untuk memudahkan peserta mencari informasi, silahkan kontak Iqbal: 082378690000 atau Sandy: 085367447744. "Kita pakai semua Racing Committee dari Sumsel agar terlatih event nasional. Selanjutnya melangkah event lebih tinggi lagi," pungkas Sandy Yudhaputra selaku COC saat "Kejuaraan Nasional Balap Motor Bupati Musi Banyuasin Cup Prix 2018" nanti.

Nah, tunggu apalagi? Siapkan diri dan motor pacu dari sekarang. Apalagi bagi pembalap lokal Sumsel. "Inilah kesempatan berharga bersaing dengan racer nasional di Region 1 Sumatera," pungkas Pathi Riduan. (Bangve)

TERKINI
MMKSI Relokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Lebih Lengkap dan Nyaman Umar Abdullah "Pembalap Terbaik Indonesia" di TCR Asia Series 2024 Round 1 Sepang Malaysia, Ini Alasannya GIIAS 2024 Jadi Pameran Terbesar, Ada 11 Hall Untuk Show Kendaraan Hingga Aftermarket Hampir 250 Pengunjung PEVS 2024 Jajal Langsung Motor Listrik Honda