Hino Bersama Kemenhub Adakan Seminar Karoseri di GIIAS 2018

Jum'at, 10/08/2018 16:20 WIB

mobilinanews (Serpong) - PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengadakan seminar untuk karoseri pembuat bodi kendaraan komersial atau karoseri di GIIAS 2018

Bertempat di booth Hino hall 3H, seminar ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan bertukar informasi kepada para karoseri terkait dengan peraturan pemerintah mengenai ‘over dimensi’ dan ‘over load’ (ODOL). 

Dimana pemerintah mulai 1 Agustus 2018 menerapkan kebijakan penurunan muatan bagi kendaraan yang membawa beban lebih dari 100%. 

Pengecualian diberikan untuk angkutan sembako dengan toleransi hingga 50 persen, tapi bila melebihi 75 persen akan dilakukan proses penurunan muatan. 

Sementara angkutan semen dan pupuk diberikan pengecualian dengan denda tilang bila muatan melebihi 40 persen, dan diminta menurunkan muatan bila melebihi 65 persen dari standarnya. 

Hadir langsung dalam acara seminar ini Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi di dampingi oleh Direktur HMSI, Santiko Wardoyo.

“Seminar karoseri ini mengikuti arahan dari Presiden Joko Widodo, dimana fokus pembangunan mulai bergeser ke pembangunan Sumber Daya Manusia atau SDM, tujuannya menciptakan kepatuhan dan budaya berlalu lintas yang berkeselamatan,” jelas Budi Setiyadi, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub.

Seminar yang dihadiri oleh 60 tamu undangan dari karoseri yang datang dari Jabotabek, Jawa Tengah dan Jawa Timur ini juga merupakan bagian dari kolaborasi Hino bersama karoseri untuk memberikan produk terbaik bagi pelanggan setia Hino dan juga memperat hubungan kerjasama Hino dengan karoseri. 

Selain seminar mengenai ODOL dalam acara ini Hino juga melakukan soft launching untuk website khusus bagi karoseri yaitu www.karoseri.hino.co.id yang berisikan data petunjuk mengenai gambar sasis Hino, detail spesifikasi produk Hino, uji landasan sasis Hino dan informasi teknik lainnya mengenai petunjuk pemasangan bodi truk Hino

Dimana melalui web ini para karoseri dapat membuat bodi sesuai dengan standar dan  keamanan produk Hino, sehingga bodi truk Hino dapat digunakan dengan sesuai peraturan pemerintah dan standar keamanan yang tinggi bagi keselamatan berkendara. 

Sebagai bentuk apresiasi kepada karoseri yang sudah mengikuti standarisasi dari Hino, diberikan juga berupa sertifikasi dan awarding kepada 16 karoseri yang sudah mengikuti buku petunjuk pemasangan bodi Hino

Dimana karoseri ini dinyatakan lulus uji atau sudah tersertifikasi standar pemasangan bodi Hino yang sesuai, aman dan turut menjaga keselamatan di jalan.

“Kami berharap dapat semakin mempererat hubungan kerjasama yang selama ini sudah terbangun antara Hino dan karoseri juga bersama Kemenhub," tutup Santiko Wardoyo, Direktur HMSI. (anto)

TERKINI
AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil! Volta Ikut Hadir Meriahkan PEVS 2024 Dengan Luncurkan Warna Baru Tipe Mandala, Brilliant White dan Yellow! ALVA Umumkan Kerjasama dengan Bank BPD Bali, Permudah Elektrifikasi di Linkungan ASN Pulau Dewata Meneropong Target Penjualan Jutaan Unit Chery Secara Global