Ini Upaya IMI Babel Sukseskan Kejurnas Grasstrack Belitung

Sabtu, 11/08/2018 21:05 WIB

mobilinanews (Belitung) - Tak mudah untuk mencapai lokasi sirkuit Pulau Dapor di Kecamatan Gantung, Belitung Timur. Selain lokasinya jauh, harus ditempuh dengan perjalanan laut, darat dan udara. Apa upaya panitia untuk meramaikan pagelaran?

Bangka Otomotif Club (BOC) selaku klub penyelenggara dan PengProv IMI Bangka Belitung punya strategi jitu. Berbagai kemudahan diberikan kepada peserta Kejuaraan Nasional Grasstrack Region 1B Sumatera Putaran 4. Fasilitas gratis ditawarkan agar biaya pembalap dan tim menjadi ringan.

Bayangkan, untuk menuju lokasi tercepat ditempuh via udara. Penerbangan langsung dari Jakarta ke Tanjung Pandan di pulau Belitung sekitar 60 menit. Lainnya dari Palembang ke Tanjung Pinang. Dilanjutkan flight ke Tanjung Pandan selama 30 menit. Jarak dari bandara ke sirkuit sekitar 50 km atau satu jam perjalanan.

Nah, untuk kendaraan peserta harus dibawa dengan jet foil. Penyeberangan dari Pangkalpinang ke Tanjung Pandan selama 4 jam. "Kami berikan fasilitas gratis untuk pengangkutan kendaraan peserta Kejurnas dari luar pulau Babel," yakin Wahyu Dwicahyono, Ketua Pengprov IMI Babel.

Tak hanya itu. Penginapan dan pendaftaran peserta pun digratiskan. Pantas saja banyak pembalap hadir di Negeri Laskar Pelangi. Apalagi kampungnya Ahok ini menyajikan objek wisata yang layang dikunjungi. Boleh disebut balap sambil wisata.

Sirkuit sepanjang 1200 meter memiliki tantangan tersendiri untuk ditaklukkan. Inilah sirkuit balap `garuk tanah` terbaik di Babel. "Kontur tanahnya keras. Beda dengan trek MXGP di Pangkalpinang, tanahnya lunak. Kena hujan jadi lumpur," sebut Surya Adhitya, Sekretaris Pengprov IMI Babel.

Pembalap Region 1B tertarik datang. Sebut saja seperti Opick Beke, Toying SS, Cindy Pratama, Aris Merdeka dan Bravel Wales. Kejuaraan menjadi tambah meriah karena banyak sponsor mendukung. Dengan sendirinya semangat kompetisi pun muncul.

Eit! Masih ada yang lebih menggoda peserta. Panitia menyiapkan 4 unit sepeda motor buat Juara Umum pada 4 kategori. Mulai dari Senior, Junior, Pemula untuk Kejurnas ditambah satu lagi bagi Juara Umum Pemula Lokal Babel. (bangve)

TERKINI
Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions di Shanghai, China Suzuki Address 125 2024: Merangkai Unsur Khas Motor Matic Klasik dan Modern dengan Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok