Semakin Kekinian, Teknologi Canggih Datsun CROSS Tambah Nyaman dan Minim Limbung

Selasa, 14/08/2018 21:40 WIB

mobilinanews (Tangerang) – Generasi baru compact crossover Datsun CROSS kembali hadir di ajang GIIAS 2018 kemarin dan mendapat sambutan positif dari pengunjung.

Menilik deretan fitur yang dijejali pada Datsun CROSS jauh berbeda dibandingkan model-model awal Datsun di Indonesia. Teknologi canggih yang diusung bikin tambah nyaman dan minim limbung.
 
Datsun CROSS memiliki suspensi depan dengan pivot ganda lower arm yang canggih dengan suspensi belakang twist beam baru, secara posisi memberikan lebih banyak ruang di belakang kabin. 

Terdapat sejumlah penyempurnaan pada kinerja suspensi, sehingga mampu meredam guncangan dan meningkatkan kenyamanan serta meminimalkan kecenderungan limbung atau body roll.

Keselamatan juga merupakan faktor penting lainnya yang telah dirancang dalam Datsun CROSS sejak awal. Pertama di kelasnya, Vehicle Dynamic Control (VDC) menjadi standar di semua varian. 

Dengan menggunakan perangkat lunak terkini yang dikendalikan oleh komputer dan sensor di dalam mobil, fitur-fitur VDC memiliki anti-lock brakes (ABS), electronic brake distribution with brake assist (EBD with BA), traction control (TCS) dan brake-limited slip differential (B-LSD). 

ABS berfungsi mencegah roda terkunci atau tergelincir karena pengereman yang kuat, sementara EBD memastikan distribusi yang merata dari tekanan rem di semua kondisi. 

Perangkat elektronik canggih dalam VDC menggunakan sensor pengereman untuk memperlambat satu roda atau lebih serta sistem manajemen mesin untuk mengurangi torsi mesin yang dibutuhkan untuk membatasi kehilangan traksi pada roda depan ketika mobil berbelok dengan kecepatan tinggi (understeer) atau kehilangan traksi pada roda belakang (oversteer).

Sebagaimana Vehicle Dynamic Control pada semua tipe, Datsun CROSS memiliki beragam perangkat keselamatan lainnya, termasuk airbag ganda di depan, lampu peringatan sabuk keselamatan dan lampu depan otomatis. 

Pintu belakang memiliki wiper dengan penyemprot air bertekanan tinggi untuk meningkatkan kemampuan pandangan arah belakang. 

Sementara kaca spion bisa disesuaikan secara elektris dan memiliki lamp repeater untuk memberi pengguna jalan lainnya penunjuk yang jelas tentang arah yang akan diambil oleh pengemudi. 

Datsun semakin kekinian, nih. (anto)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag