Tidak Ada Mobil Seperti Avanza, Belinya Murah Jualnya Mahal

Senin, 20/08/2018 12:17 WIB

Jakarta (mobilinanews) - Meluncur tahun 2004, MPV (Multi Purpose Vehicle) sejuta umat Toyota Avanza masih eksis hingga saat ini. Padahal, kalau diperhatikan, wajah Avanza tak banyak berubah.

 Selama hampir 15 tahun, baru dua kali mobil pilihan keluarga Indonesia ini mengalami ubahan tampilan yakni pada  2011 dan  2015. 

Gokilnya, penjualan Avanza  tetap stabil. Berdasarkan data distribusi dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo),  setiap bulan mobil ini terjual 6.000-7.000 unit.

“Memang mengalami sedikit penurunan penjualannya. Tapi masih sangat wajar dari model mobil yang sudah hampir 15 tahun bercokol,” ujar Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor (TAM).

 Menurut Soerjo, yang menarik, Toyota Avanza menjadi salah satu mobil yang memiliki harga jual tertinggi di Indonesia. Bahkan lebih tinggi harga jualnya dari harga beli.

 Nggak percaya? Soerjo mengalami sendiri terkait harga jual Avanza ini.  

"Saya pertama kali beli Avanza tahun 2004 itu harganya Rp 98 juta. Tapi saya jual beberapa waktu kemudian harganya menjadi Rp 120 juta. Belum pernah ada mobil harganya naik untuk dijual kembali, baru Avanza ini," ungkap Soerjo yang ternyata pemilik Avanza generasi pertama.

Memang sempat ada MPV model baru dari kompetitor brand lain yang sempat menggeser Avanza dari daftar mobil terlaris di Indonesia. Hanya beberapa bulan, dan sekarang kabarnya Avanza kembali menyalip sebagai MPV terlahir di Tanah Air.

 Hmmm. (BS)

TERKINI
Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions di Shanghai, China Suzuki Address 125 2024: Merangkai Unsur Khas Motor Matic Klasik dan Modern dengan Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok