Bambang Gunardi di Mata Orang Dekat : Mandiri, Disiplin & Kreatif (Bag 1)

Jum'at, 31/08/2018 11:57 WIB

mobilinanews ( Jakarta) – “Terlalu banyak yang berkesan dari Pak BG,” buka Eddy Horison, race director balap motor, mantan Ketum IMI Riau serta mantan pengurus IMI Pusat kepada mobilinanews.

Eddy adalah salah satu murid kesayangan Bambang Gunardi, tokoh balap motor legendaris yang telah berpulang pada Kamis malam (30/8/2018) di RSPI Puri Indah, Jakarta Barat.

Di mata Eddy, almarhum selain guru, sahabat  juga seperti orang tua sendiri.

“Pak BG itu pribadi yang mandiri, disiplin, cerdas serta kreatif. Tetap kerja untuk biayai berobat sendiri tanpa  mau merepotkan anak-anaknya dan orang lain,” terang Eddy yang pertama kali kenal almarhum tahun 1996 di seminar balap motor di Padang.

Menurut Eddy, sumber penghasilan utama Pak BG yang diketahui  ya dari dunia balap. “Yang lainnya saya kurang tahu,” lanjutnya.

Kemandirian yang lain ditunjukkan dengan pada usia tuanya, pilih hidup berdua dengan sang istri, Zaelinah Latif menempati sebuah rumah di Serpong, BSD, Tangerang  dengan ditemani seorang pembantu yang tidak menginap.

Pada Lebaran 2012, mantan komisi balap motor FIM (Federasi Olahraga Motor Dunia) dari Indonesia itu kena Steven Johnson Syndrome (SJS) yang kemudian dirawat di RS Mayapada, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Nggak lama kemudian, sudah mulai cuci darah sampai akhir hayat. Menurut keterangan, itu karena efek obat SJS.  Jadi sudah selama 6 tahun BG rutin melakukan cuci darah 2 kali dalam seminggu.

Hingga kemudian BG menghembuskan nafas terakhir Kamis malam kemarin, di usia 77 tahun.

“Ancaman Pak BG, itu sangat menyakitkan. Itu bentuk kedisplinan yang beliau ajarkan kepada kami,” ujar Eddy. Apa maksudnya? Ikuti penuturan Eddy Horison bagian dua. (budsan)

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda