Hino Gelar Kompetisi dan Edukasi Keselamatan Berkendara Pengemudi Truk dan Bus

Minggu, 02/09/2018 08:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) kembali gelar kompetisi dan edukasi keselamatan berkendara bagi pengemudi truk dan bus di kota ke 17 yaitu Yogyakarta (30/8).  

Kegiatan kompetisi dan edukasi ini dikemas dalam konsep yang menyenangkan dengan memberikan sejumlah materi dan teori terkait berkendara yang sesuai dengan peraturan lalu lintas. 

Selain itu, agar lebih memahami ilmu yang telah diberikan, para peserta juga mengikuti kegiatan praktek di lapangan. 

Pada hari pertama bertempat di showroom Hino Yogyakarta. mengajak 100 pengemudi truk dan bus untuk ikut tes hari pertama. 

Dimana pengemudi di test tertulis mengenai keselamatan berkendara seperti daily inspection, proper driving, economical driving, safety driving, dan tanda rambu – rambu lalu lintas. 

Setelah itu 10 pengemudi terbaik dari bus dan 10 pengemudi kategori truk dari hasil tes hari pertama akan melanjutkan kehari berikutnya untuk inspection test dan skill test berupa zig – zag forward dan backward serta reverse parking yang bertempat di Jogja Expo Center (JEC). 

Khusus bagi peserta pengemudi bus terdapat test tambahan berupa eco driving test yakni teknik mengemudi bus yang ekonomis agar saat melaju, bus jadi lebih hemat dalam konsumsi bahan bakar.

Diharapkan setelah kompetisi ini setiap pengemudi bus dapat menguasai teknik mengemudi seperti properly driving. 

Ini adalah teknik mengemudi yang tepat dan benar sesuai petunjuk teknis dari pabrikan Hino. Kedua, safety driving yaitu teknik mengemudi bus yang memperhatian ketentuan dan rambu di jalan raya untuk mencegah terjadinya kecelakaan. 

Karena banyak kecelakaan disebabkan oleh faktor kelalaian pengendara yang abai terhadap kesiapan armada, hingga faktor keteledoran pengendara dalam menjalankan kendaraannya dan tidak mematuhi rambu lalu lintas.

“Teknik mengoperasikan bus yang baik dan benar akan membuat berkendara jadi lebih aman dan nyaman bagi penumpang,” jelas Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI.

“Selain itu bagi pengusaha bus sendiri, usia pakai kendaraan jadi lebih panjang dan masa pakai suku cadang juga bisa dimaksimalkan,” tambah Santiko.

Makin handal pengemudinya, makin aman dan maksimal bisnisnya. (anto)

TERKINI
Pelanggan Setia Castrol Dapat Hadiah Miliaran Dari Program Gaspol Castrol Tips Merawat Sistem Rem untuk Meningkatkan Keselamatan dan Daya Tahan Mobil Anda Honda Jazz RS CVT, Solusi Mobil Hatchback Terbaik dengan Kinerja Tangguh Tanpa Meninggalkan Gaya Soal Insentif Mobil Hybrid, Jokowi Mengaku Masih Melakukan Kajian Mendalam