Rem Parkir Juga Butuh Perlakuan Khusus, Ini Tipsnya dari Suzuki

Minggu, 02/09/2018 22:23 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Masih banyak pengguna mobil yang masih belum paham, bahwa parkir/" style="text-decoration:none;color:red;">rem parkir juga butuh perlakuan khusus, Suzuki memberikan tipsnya agar komponen terkait lebih awet.

Dikutip dari laman resmi Suzuki Indonesia, parkir/" style="text-decoration:none;color:red;">rem parkir atau biasa juga disebut dengan rem tangan pada mobil memang sangat penting agar mobil bisa tetap berhenti dengan aman ketika diparkir atau saat berada di jalanan yang menanjak. 

Rem parkir akan membuat rem belakang aktif, sehingga mobil tidak akan meluncur sendiri. Meskipun begitu jika terlalu lama aktif, parkir/" style="text-decoration:none;color:red;">rem parkir juga bisa membahayakan. 

Efek buruknya parkir/" style="text-decoration:none;color:red;">rem parkir yang terlalu lama aktif dalam jangka waktu lama dapat membuat kampas rem lepas dari pelat atau besi penyangganya. 

Kampas rem lepas ini biasanya terjadi pada rem belakang jenis tromol, karena memiliki bidang kontak yang lebih panjang daripada rem cakram. 

Ketika rem tangan aktif, kampas rem akan menempel dengan tromol. Kalau sudah terlalu lama menempel, kampas rem bisa menjadi lengket pada tromol. 

Jika dipaksakan melaju, kampas rem ini beresiko lepas apalagi jika kondisinya masih dalam keadaan basah setelah berkendara dalam hujan atau sesudah menerabas genangan misalnya. 

Pada kondisi demikian, disarankan untuk menonaktifkan rem tangan, gantinya roda mobil dapat diganjal, khususnya jika akan diparkir dalam waktu yang lama.

Berikut cara memperlakukan parkir/" style="text-decoration:none;color:red;">rem parkir yang benar; pada rem tangan model konvensional, pastikan bunyi klik pada parkir/" style="text-decoration:none;color:red;">rem parkir adalah 4 sampai 7 klikan ketika ditarik. 

Jika lebih dari 7 klik segera bawa ke bengkel untuk penyetelan ulang. Usahakan jangan terlalu sering menggunakan rem tangan ketika mobil berhenti, baik di waktu di berhenti lampu merah atau berhenti sesaat.

Jika kendaraan diparkir di jalan yang permukaannya miring, tambahkan dengan pengganjal roda sehingga kerja parkir/" style="text-decoration:none;color:red;">rem parkir menjadi lebih ringan untuk menahan bobot mobil.

Hindari menginjak atau menarik parkir/" style="text-decoration:none;color:red;">rem parkir secara berlebih. Lakukan servis berkala di bengkel resmi Suzuki untuk melakukan penyetelan rem tangan ketika servis berkala.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. (anto)

TERKINI
OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya