Jangan Lupakan Kondisi Ban Cadangan, Begini Perawatannya

Selasa, 04/09/2018 07:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Kondisi ban cadangan sering kali dilupakan. Banyak pengguna mobil baru sadar pentingnya ban cadangan dengan kondisi baik ketika sedang mengalami masalah pada salah satu dari empat ban utama.

“Karena kita engga pernah tau kapan harus dipakainya, entah 1 minggu lagi, 1 bulan lagi atau berapa lama lagi,” jelas Rudy Novianto, instruktur safety driving dari Sentul Driving Course.

Menurutnya lebih baik ban cadangan kelebihan tekanan angin daripada kurang. “Boleh 50 psi, 60 psi, semakin banyak semakin bagus,” tambahnya. 

Rekomendasinya, jika pada saatnya ban cadangan harus digunakan, tekanan anginnya yang lebih tadi harus disesuaikan atau dikurangi dulu mengacu tekanan angin pada ban utama yang lain.

Bagaimana jika pada mobil terkini, ukuran atau dimensi ban cadangannya lebih kecil daripada ban utamanya? 

Menurutnya peraturan pemerintah berbanding dengan kemajuan teknologi. Pemerintah melindungi keselamatan konsumen, sementara pabrikan punya inovasi. 

Meskipun ban cadangan lebih kecil karena hemat tempat, namun sudah sesuai peruntukkannya.
 
Space saving tire bukan dipakai untuk sehari-hari, tujuannya hanya menggantikan sementara peran ban utama menuju tempat servis terdekat saja,” jelasnya di sela peluncuran ban Goodyear Assurance Triplemax 2 di Jakarta (29/8).

Rudi menjelaskan bahwa produsen mobil sudah menghitung ban cadangan yang sudah didesain ukurannya sudah cukup untuk kebutuhan darurat.
 
“Perlakuan mengemudinya juga harus disesuaikan, tidak bisa sama. Maximum pressure perlakuannya tidak bisa sama, bisa juga mengikuti rekomendasi dari pabrikan,” tambah Rudy.

Kondisi ban cadangan yang pernah ditambal juga harus diperhatikan. Menurut Rudy berdasar literasi Goodyear, jarak tambalan ban paling dekat 2 cm dari tambalan yang lainnya. 

Biacara soal safety, ban cadangan memang bukan untuk ban utama. Ban cadangan sepanjang sesuai kriteria aman, bisa digunakan. 

“Usahakan ban cadangan selalu terjaga, umur lebih 5 tahun pun sepanjang masih sesuai kriteria tetap aman digunakan, kalo ada getas jadi indikator ada perubahan struktur kimia ban,” tutupnya.

Yuk, mulai perhatikan kondisi ban cadangan mobil anda. (anto)

TERKINI
Chery dan Konsistensi Inovasi Teknologi di OMODA E5, Bukti Keseriusan Dalam Mendukung EV Indonesia Wuling Resmi Buka Pemesanan Cloud EV di PEVS 2024, Harga Pre-book Rp410 Juta FIF Terima Fasilitas Pinjaman Berkelanjutan Senilai 60 Juta Dolar GWM dan Spirit Global di Ajang Beijing International Automotive Exhibition