Toyota Menjadi Basis Industri Otomotif di Tanah Air

Jum'at, 07/09/2018 18:55 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Industri adalah salah satu kunci penting pertumbuhan ekonomi sebuah negara karena menyerap tenaga kerja yang mendorong peningkatan daya beli sehingga pada akhirnya akan terefleksi pada pertumbuhan ekonomi.

 Industri dalam negeri juga memiliki peran dalam hal substitusi impor. Dengan daya saing yang tinggi, industri dalam negeri dapat mendorong terciptanya peluang ekspor. Tanpa industri dalam negeri yang kuat, peluang ekspor sulit untuk dicapai.

 Di sisi lain, konsep peningkatan kandungan dalam negeri menjadi sangat strategis untuk dapat menciptakan kemandirian industri Indonesia terutama dari sisi volatilitas nilai tukar mata uang jika bahan baku industri masih tergantung dari material impor.

Industri adalah salah satu kunci penting pertumbuhan ekonomi karena menyerap tenaga kerja yang mendorong peningkatan daya beli sehingga pada akhirnya akan terlefleksi pada pertumbuhan ekonomi.

 Industri dalam negeri yang memiliki daya saing tinggi juga memiliki peran strategis dalam memperkuat posisi Indonesia dalam percaturan ekonomi global melalui perannya sebagai substitusi impor dan penciptaan peluang ekspor. 

Posisi Toyota Indonesia sebagai salah satu basis produksi dan ekspor global Toyota di kawasan Asia Pasifik memungkinkan Toyota Indonesia untuk berkontribusi dalam tiga hal.

 Pertama, pada upaya substitusi impor melalui lokalisasi produksi untuk pasar dalam negeri dan penciptaan pasar ekspor. 

Sebanyak lebih dari 90% volume penjualan produk kendaraan bermerek Toyota di Indonesia merupakan produk buatan dalam negeri yang diproduksi oleh putra-putri bangsa Indonesia.

 Kedua, pada kinerja ekspor otomotif. Produksi kendaraan lokal ini juga dipasarkan ke pasar global, tepatnya ke lebih dari 80 negara di kawasan Asia, Afrika, Amerika Latin, Karibia, dan Timur Tengah, sehingga produksi lokal kendaraan bermerek Toyota menyumbang lebih dari 80% total ekspor kendaraan utuh  dari Indonesia.

 Ketiga, sebagai jembatan bagi Industri Kecil dan Menengah (IKM) pemasok komponen kendaraan untuk dapat menembus pasar ekspor. 

Tingginya tingkat kandungan dalam negeri produk-produk Toyota yang saat ini mencapai 75% hingga 94% menandakan bahwa hanya sebagian kecil dari komponen kendaraan bermerek Toyota yang menggunakan material impor selain menyumbang pada penguatan pengembangan industri komponen lokal di Indonesia.
 
Kedepannya, Toyota Indonesia berkomitmen untuk melakukan kerjasama erat dengan pihak-pihak yang berkepentingan untuk mendukung pengembangan industri hulu dan industri kecil dan menengah agar dapat lebih memperkuat struktur industri dan daya saing industri otomotif Indonesia yang tentunya akan meningkatkan peluang ekspor otomotif dari Indonesia. 

Dari sisi emisi, produk kendaraan utuh bermerek Toyota juga telah memenuhi standar emisi EURO IV dan VI sesuai dengan ketentuan di masing-masing negara tujuan. (BS)

TERKINI
Sukses Gelar Porsche Sprint Challenge Indonesia, Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions Suzuki Address 125 2024: Skutik Matic Modern Bernuansa Klasik Yang Tampil Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok