Geber Compact Crossover Datsun CROSS Bikin Nagih

Sabtu, 08/09/2018 08:30 WIB

mobilinanews (Sentul) – Tim Mobilinanews berkesempatan menguji Compact Crossover terbaru yakni Datsun CROSS menuju Sentul.

Sebagai pemanasan, kami melajukan varian teratas bertransmisi otomatis CVT ini di Tol Jagorawi pada pagi hari, berangkat dari Cibubur.

Ruas tol yang agak lenggang bikin kaki kanan tergoda untuk bejek gas. Meskipun tidak sampai kecepatan maksimalnya, respon mesin terbilang sigap meladeni putaran mesin yang mendadak naik.

Selain itu, bermanuver agresif di antara mobil lain di ruas tol ini juga mampu dipuaskan Datsun CROSS, tak ada gejala ‘nahan’ atau ‘lag’ ketika berakselerasi spontan, lalu deselerasi mendadak dilanjutkan akselerasi lagi seketikanya.

Sesampainya di Sirkuit Internasional Sentul, kami memang sengaja tidak menggunakan trek balap ini, mengingat catatan waktu bukan tujuan utama yang ingin dicapai dari mobil yang ditargetkan untuk generasi muda aktif ini.

Apalagi Datsun CROSS hanya lah compact crossover dengan dimensi bodi mendekati MPV bermesin tiga silinder kapasitas 1.200 cc.

Gantinya kami menguji handling dan keunggulan sasis maupun suspensi secara maksimal di area paddock Sirkuit Sentul, serta mencari jalanan dengan kontur tidak rata untuk dilahap.

Kesimpulannya, Datsun CROSS mampu mengimbangi gaya mengemudi ekstrem dengan manuver spontan ala slalom maupun gymkhana.

Hampir tidak ada gejala body roll maupun limbung, apalagi bodi goyang atau bergetar. Mengingat Datsun CROSS bukanlah hatchback atau sedan, ground clearence-nya pun mencapai 200 mm mendekati Low SUV pada umumnya.

Pengetesan berikutnya adalah test akselerasi, dimana lagi-lagi Datsun CROSS melalui transmisi otomatis CVT-nya mampu meladeni injakan gas yang spontan dan ditekan dalam hingga dari kondisi diam hingga kecepatan tinggi.

Begitu juga di ujung lintasan ketika pedal rem diinjak mendadak hingga dalam, rem ABS bawaannya mampu bekerja maksimal.

Berikutnya kami melintasi kontur jalanan tidak rata di seputaran area sirkuit Sentul. Adopsi suspensinya membuat ragam jalanan berlubang yang kami libas tidak menyebabkan ayunan suspensi yang terlalu hebat.

Pas, tidak terlalu empuk namun juga tidak terlalu keras, salah satunya berkat penggunaan ban berprofil 70 dengan lingkar pelek 15 inci.

Kesimpulannya, geber Datsun CROSS terbilang menyenangkan, handling-nya bikin nagih. (anto)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag