Rider Kaltim Kuasai Kejurnas Motoprix di Palangkaraya

Senin, 10/09/2018 12:40 WIB

mobilinanews (Palangkaraya) - Kejuaraan Nasional Motoprix Regional IV kembali dipentas di pulau Borneo.

Kali ini giliran Bersama Motor Sport (BMS) mengusung putaran keempat yang digelar di Sirkuit Sabaru, Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Selama dua hari, Sabtu dan Minggu (8-9/9/18), sebanyak 102 peserta melebur menjadi 236 starter untuk 15 kelas yang dilombakan. Total ada 27 race yang dimainkan dalam ajang bertitel Pirelli Motoprix 2018 Region 4 Kalimantan Putaran 4.

Seperti apa hasilnya? Pembalap motor Kalimantan Timur kembali menunjukkan powernya. Kelas para raja yang diisi pembalap kategori Seeded dikuasai rider Kaltim. Seperti di kelas MP1 atau Bebek 150cc 4 Tak Tune Up Injeksi Seeded. Ketiga podium dinaiki racer dari Banua Etam, julukan Kaltim.

Pembalap asal Yamaha QQ Motor Sport, #187 Arianto Tarzan berhasil finish duluan. Di belakangnya menyusul #168 Abdul Hamid dari BKS Tiara Bintang dan #34 Alpian R asal Yamaha Aditama. Kebetulan ketiga rider penguasa podium mengendarai motor pacu Yamaha MX King.

Dua racer dari Bumi Mulawarman kembali leading di kelas MP2 alias Bebek 125cc 4 Tak Tune Up Injeksi Seeded. Kali ini Alpian lebih kencang dan duluan menyentuh finish line. Runner-up ditempati rider BKS Tiara Bintang satu lagi, #63 Ari Nugroho. Keduanya mengandalkan Yamaha Jupiter. Sedangkan posisi ketiga #185 Yosie Legisadewo dari Astra Motor Racing Kalbar yang memacu Honda Sonic.

Lanjut kategori Pemula A. Dua kelas MP3 dan MP4 kembali didominasi rider asal Banua Etam. Dua pembalap Kaltim naik podium pertama dan kedua pada kedua kelas ini.

Di MP3 atau Bebek 150cc 4 Tak Tune Up Injeksi Pemula A, #53 Rizal Feriyadi dari BKS Tiara Racing melesat di depan. Honda Sonicnya full power hingga finish.

Dua rider Yamaha lainnya, #85 M Khafi dari Yamaha Aditama dan #127 M Ricky Ibrahim asal Jabar harus puas di posisi kedua dan ketiga.

Posisi berbalik saat dimainkan kelas MP4 alias Bebek 125cc 4 Tak Tune Up Injeksi Pemula A. Kali ini giliran M Khafi melejit duluan. Rizal Feriyadi dipaksa menguntit di belakang hingga 6 lap yang harus ditempuh. Posisi ketiga menyusul A Robby Delo asal Kalimantan Tengah yang mengandalkan Yamaha.

Nah, yang seru itu justru kategori Pemula B. Biasanya peserta minus, susah mengajak pembalap berusia di bawah 17 tahun terjun kompetisi nasional. Lihat saja Motoprix di Region 1 Sumatera. Peserta selalu di bawah quota.

"Peserta Pemula B diikuti 17 pembalap," terang Sepriyunus Simon, Ketua Penyelenggara Motoprix Palangka Raya sekaligus adik kandung Juferri Simon, Ketua Pengprov IMI Kalimantan Tengah.

Yuuk intip hasil lomba MP5 dan MP6. Di kelas Bebek 150cc 4 Tak Standar Injeksi Pemula B, A Fahri racer asal Astra Motor Racing Kalimantan Barat tercepat.

Pembalap bernomor #29 itu berhasil meninggalkan seterunya Surya Gusti Ananda dari SSM Donal Speed Kaltim dan Ibrahim Gafur yang membela Baim Irwan Racing Kalimantan Selatan. Ketiga rider membesut motor yang sama Honda Sonic.

Hasil berbeda terjadi di kelas Bebek 125cc 4 Tak Standar Injeksi Pemula B. Saatnya Ibrahim Gafur dari Kalsel unjuk ketangguhan. Sementara M Restu dari tim BKS Tiara Bintang Kaltim dan Arya Resya dari BSRT Tunas Jaya Motor Kalimantan Tengah harus puas posisi kedua dan ketiga. Kelas ini pun menjadi milik Yamaha Jupiter.

Kompetisi balap motor di Region 4 Kalimantan memang seru dan ketat. Meski pembalap Kaltim mendominasi, namun persaingan antar rider serta team pabrikan Yamaha dan Honda menarik diikuti.

Kita tunggu putaran selanjutnya! (bangve)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap