Busi Racing Jangan Digunakan Untuk Kendaraan Harian, Ini Penjelasannya

Jum'at, 14/09/2018 23:15 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Eksistensi busi NGK di dunia balap tak perlu diragukan. Kualitas busi NGK bahkan punya reputasi di balapan nasional hingga F1 dan MotoGP. 

Perlu diketahui, busi untuk balap tentu berbeda peruntukannya dengan busi harian

Diko Oktaviano selaku Technical Support dari NGK Busi Indonesia menegaskan bahwa busi untuk balap tidak boleh dipakai untuk kendaraan harian. Kenapa?

"Busi yang digunakan di lintasan balap telah didesain dan dirancang secara khusus untuk aplikasi mesin yang berjalan pada kecepatan yang jauh lebih tinggi dan beroperasi dengan kompresi yang sangat tinggi dengan suhu, getaran, dan pembakaran yang melampaui kondisi di dalam mesin biasa," jelas Diko. 

Oleh karena itu, menggunakan busi khusus balap di kendaraan harian bukanlah ide yang baik. "Dengan karakteristik busi balap yang didesain untuk penggunaan yang sangat ekstrim, dalam penggunaan pada mesin biasa dapat menyebabkan beberapa permasalahan seperti deposit karbon berlebih hingga misfiring," lanjutnya. 

Hal tersebut dapat diperburuk apabila mesin sering digunakan untuk jarak dekat dengan ritme stop & go. 

 

TERKINI
PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang dengan Penjualan 108 SPK, Ini Keunggulan yang Ditawarkan Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh WahanaArtha Ritelindo Rayakan Hardiknas dengan Program dan Promo Spesial GIIAS 2024: Dorongan Konsisten untuk Industri Kendaraan Bermotor Indonesia