Jonfis Fandy: Honda Siap Pasarkan Mobil Listrik

Minggu, 16/09/2018 08:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Di akhir sesi pengumuman harga jual resmi All New Honda Brio di Jakarta (12/9), Tim Mobilinanews melakukan wawancara dengan Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor.

Selain membahas seputar All New Honda Brio dan dampak nilai tukar rupiah, salah satu topik yang cukup hangat dibicarakan adalah mobil listrik.

Menurut Jonfis Fandy, Honda siap pasarkan mobil listrik sepanjang kebutuhannya ada serta aturan dan infrastrukturnya mendukung.
 
“Listrik bukan barang baru buat kita, Honda sudah ada teknologinya, siap atau tidak harus dipelajari dari pemerintahnya seperti apa. Kita harus siap, tapi tetap butuh studi lagi dan harus monitor lagi,” tegasnya.

Menurutnya sejauh ini untuk model mobil listrik yang akan dijual di Indonesia memang belum ada riset maupun studi khusus.

“Karena engga gampang, bikin infrastrukturnya, baterainya besar, komponen-komponennya setelah selesai pakai mau dibuang kemana, semua ini harus dipikirkan,” ungkapnya.

Disinggung lebih lanjut soal model mobil apa yang cocok jika Honda jadi menjual mobil Listrik, Jonfis menjawab logis.
 
“Mobil listrik harus yang dimensinya besar karena ada baterai yang harus ditempatkan, terus jalannya mobil sampai berapa jauh harus distudi lagi,” tegasnya. 

Menurutnya dengan kemajuan teknologi biasanya akan semakin hemat, pertama harus diaplikasikan pada mobil besar dulu supaya dapat menampung dimensi baterai.

“Untuk mobil kecil kita musti lihat juga, apa mau listrik rumahnya dikongsi sama mobilnya, kita belum mulai karena segmen mobil listrik ini masih sempit saat ini, perlu studi yang lebih jelas,” tegasnya lagi.

Di Indonesia, Honda sebelumnya pernah memasarkan sportcar CR-Z bermesin hybrid dan perna pamerkan Jazz bertenaga listrik sebagai display pameran.

Semoga program mobil listrik yang dicanangkan Pemerintah turut didukung aturan yang sudah jelas dan infrastruktur yang memadai. (anto)

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Wuling Raih The Most Popular EV Brand Dalam Penghargaan Listrik Indonesia 2024 Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Perluas Jaringan Pasar, Chery Akhirnya Resmi Buka Dealer di Karawang Jawa Barat