Duo Promotor Ini Siap Sukseskan Offroad Racing di Tenggarong

Selasa, 18/09/2018 13:31 WIB

mobilinanews (Tenggarong) - Lama tak pernah ada event offroad di Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menjadi penantian panjang offroader di Kalimantan Timur.

Saat yang dinanti pun tiba. Inilah ajang Kejurda Offroad Seri II IOF Kaltim yang digelar 21-23 September 2018.

Pengurus Daerah Indonesia Off-road Federation (Pengda IOF) Kalimantan Timur termasuk komit mengadakan rangkaian Kejuaraan Daerah alias Kejurda.

"Setelah seri pertama di Balikpapan, kita adakan lagi yang kedua di Tenggarong, Kukar," semangat Bambang Parijoto, Ketua Pengda IOF Kaltim.

Tenggarong yang merupakan Kecamatan sekaligus Ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara siap menggelar hajatan. Kota Tenggarong didirikan 28 September 1782 oleh Raja Kutai Kartanegara ke-15, Aji Muhammad Muslihuddin yang dikenal juga dengan nama Aji Imbut.

Nah, nama event diangkat dari bahasa daerah Kutai. "Kita namakan Bekepor Begodak ke Lompor. Bekepor itu seperti mobil ngepot. Sedangkan Begodak ke Lompor artinya mengaduk-mengaduk ke lumpur. Jadi bayangin sajalah maksudnya," jelas Muhammad Yusuf yang bakal menjadi Pimpinan Perlombaan.

Yusuf tentunya telah mengantongi Lisensi C3 dari PP IOF. "Pengda berharap Kejurda II ini menjadi ajang silaturahmi bagi offroader Kaltim. Selain itu juga bentuk kesiapan dalam menggunakan aturan Racing dan Adventure yang baru ditetapkan PP IOF," harap Bambang Parijoto. Pass!

"Inilah saat tepat untuk main lumpur lagi. Ayo pacu adrenalin. Kita adakan sekaligus dua kegiatan, yakni racing dan adventure offroad," tutur Hendra Gunawan, Ketua Penyelenggara.

"Kebetulan di Tenggarong ada sirkuit Bendang Raya. Dulu pernah dipakai buat Kejuaraan Motocross. Untuk racing offroad kita main di sirkuit. Sedangkan adventure menjelajah alam kawasan wisata di Tenggarong. Tak lupa ada kegiatan bakti sosial juga," beber Hendra Gunawan yang menjadi tokoh pembangkit semangat dan membakar adrenalin offroader di Kukar.

Hendra adalah pengusaha terkenal di Tenggarong yang support kegiatan. Tokoh seperti beliau memang dibutuhkan untuk memajukan offroad di daerah. Tak mau tanggung, event besar disiapkan.

"Ada dua unit sepeda motor telah disediakan untuk hadiah sang juara," tambah Mamat, Sekretaris Penyelenggara.

"Intinya kita ingin membangunkan komunitas offroader di Kukar. Diharapkan melalui event ini jadi ujung tombak atau barometer ke depan. Selain itu, akan muncul bibit unggul atau wakil daerah yang siap dikirim mengikuti event nasional ataupun internasional," tekad Hendra Gunawan.

Yaps! Ada dua kategori lomba diadakan, yakni racing dan adventure. Untuk Offroad Racing bisa main di kelas D1 (1-1000cc), D2 (1001-2000cc), D3 (2001-4800cc) dan D4 buat Free For All alias Bebas. Lainnya kelas Double Cabin dan Adventure 4x4.

Bagi offroader yang berminat, info lebih lanjut bisa kontak ponsel 081347229678. Bisa juga datangi Sekretariat di Jalan Wolter Monginsidi No.18 KM4, Kelurahan Timbau, Tenggarong.

 Ayo siap-siap ngegas di lumpur! (bangve)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap