MOBIL STORY : Hutomo Mandala Putra Batal Pensiun dari Reli Berkat Jeffrey JP

Minggu, 23/09/2018 06:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Bakatnya yang menonjol, baik sebagai navigator maupun manajemen tim, membuat Jeffrey JP dipanggil oleh Hutomo Mandala Putra (HMP). 

 “Itu terjadi pada Kejurnas Reli di Pekanbaru, tahun 1995. Melalui mas Pratikto Singgih, adik ipar beliau yang  juga pereli. Mas Tito bilang, ditunggu bos, penting,” tutur Jeffrey JP.

 Bagi pria ramah dan pandai bergaul ini, tidak merasa gugup ataupun tegang ketika harus bertemu dengan HMP yang pada saat itu sudah saling kenal tetapi belum akrab.

 Sebelum bertemu langsung dengan HMP, Jeffrey sempat mendapat pertanyaan dari ajudan. “Rumah orang tua Pak Jeffrey masih di Pluit kan?”. Agak kaget juga mendapat pertanyaan tersebut, namun Jeffrey segera tenang dan tersenyum tipis.

Jeffrey JP juga menjadi manajer Goro Rally Team 

Pertanyaan itu semakin meyakinkannya bahwa untuk masuk ring 1 keluarga Presiden, sebelumnya sudah dipelajari latar belakang keluarganya. 

 Singkat cerita, Jeffrey diminta menjadi co-driver alias navigator mulai Kejurnas Reli di Riau. 

 Tugas yang tidak ringan, mengingat sebelum itu HMP sempat mengeluarkan obrolan akan pensiun dari dunia reli karena nyaris juara terus, tapi belum pernah juara.

 Menjadi navigator HMP, Jeffrey menunjukkan keprofesionalannya. Terlebih dulu, ia minta bertemu empat mata untuk menyampaikan strategi dan schedule yang telah disusunnya. 

 “Dan HMP setuju. Pasalnya, untuk proses menjadi juara, ada tahapan yang harus dilakukan, terkait kedisiplinan serta pengaturan schedule yang tepat & ketat,” ujarnya. 

Jeffrey JP jadi navigator Andy Jachmoon menjuarai event Sprint Rally 

Apalagi, pada saat itu banyak yang segan, tidak berani berbicara atau sekadar mengingatkan HMP terkait jadwal reli yang mesti dipatuhi.

 Dengan komitmen dan schedule yang telah disepakati, Jeffrey mulai bergerak. Jam 6.30 WIB, melalui petugas hotel, sudah dikirim sarapan pagi ke kamar hotel HMP. Jam 7 pagi sudah siap untuk mulai melakukan survey SS.

 “Dengan pola baru dan schedule itu ternyata Pak HMP bisa kok, dan Alhamdulillah akhirnya bisa menjadi juara 1 Kejurnas Reli di Pekanbaru itu pada tgl 5-7 Mei 1995,” terang Jeffrey.

 Pada dasarnya, HMP adalah pereli yang cepat dan memiliki talenta besar. HMP memiliki karakter seorang fighter serta keberanian yang sangat tinggi

 Sebelumnya sejak tahun 1992, Jeffrey juga dipercaya sebagai General Manager di Yayasan Reli Indonesia (YRI) untuk menyiapkan Kejuaraan Reli Asia Pasifik & Dunia (APRC & WRC) di Sumatera Utara.

 Tidak sendiri, tetapi bersama Indradjit Sarjono dan rekan-rekan dari Medan seperti Elwin Siregar, John Lubis, Yanto Pasaribu, Ningrum Natasya, Hendy Sibuea, Elfino Tanjung (Mec) dan lain-lainnya.

 Sebelumnya, Jeffrey "disekolahkan" ke Perth, Australia Barat untuk belajar manajemen dan menjadi penyelenggara reli dunia pada Events Corp dengan Shane Crocket & Gerry Connely (bersambung).

TERKINI
Daihatsu Kumpul Sahabat Beri Apresiasi Erwan Erik, Setia Menggunakan Daihatsu Xenia Selama 12 Tahun GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi